Tempat Penyimpan BBM Curian Terbakar, 5 Rumah Ludes Di Belawan

  • Bagikan
Tempat Penyimpan BBM Curian Terbakar, 5 Rumah Ludes Di Belawan

BELAWAN (Waspada): Lima rumah di Kampung Kurnia Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Minggu (17/9) ludes terbakar. Api berasal dari salah satu rumah yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite hasil curian.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Pencurian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite melalui jalur pipa Pertamina acap terjadi di Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan. Para pelaku sepertinya tidak memperdulikan dampak pencurian minyak dari pipa Pertamina tersebut.

Informasi yang diperoleh, awalnya api berasal dari tumpukan BBM jenis Peratalite yang diduga hasil curian yang ditumpuk seseorang di salah satu rumah yang ikut terbakar.

Api terus membesar meluluhlantakkan lima rumah yang sebagian terbuat dari kayu yang lokasinya berada di pinggiran rel kereta api Kampung Kurnia, Kelurahan Belawan Bahari.

Api yang berkobar sulit dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran, karena rumah yang berdekatan dengan rel kereta api, apalagi sebagian besar bangunan terbuat dari kayu.

Salah seorang warga, Zulkarnain Lubis ,65, menuturkan, kawasan tempat tinggalnya itu rawan terjadi kebakaran dan salah satu penyebab kebakaran adalah seringnya terjadi pencurian BBM di pemukiman tersebut.

“Saya siap menjadi saksi, bila kebakaran itu dikarenakan oleh hasil BBM curian yang ditumpuk kawanan pencuri,” ujar Zulkarnain.

Dugaan kebakaran yang disebabkan tumpukan BBM dibenarkan oleh Lurah Belawan Bahari, Daniel Saut Saroh Simanjuntak. Dikatakannya, warga melihat ada tumpukan BBM yang telah terkemas di salah satu rumah warga yang rencannya hendak dijual.

Namun sebelum BBM curian tersebut diangkut untuk dijual, terjadi ke bakaran di tempat tersebut dan menghanguskan lima rumah yang ada, sementara pelakunya saat kejadian melarikan diri.

Daniel menyebutkan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Pertamina terkait adanya pencurian BBM di kawasan Kelurahan Belawan Bahari dengan dibentuknya tim pengamanan tetapi ketika tim turun tidak terjadi pencurian.

Terkait adanya warga yang menuntut terjadi kebakaran yang bersumber dari tumpukan BBM curian, pihak kelurahan bisa menerima karena warga merasa dirugikan dengan peristiwa kebakaran tersebut.

“Kami akan tetap berkoorninasi dengan Pernamina selaku pemilik aset”, ujar Daniel.(m27)

Waspada/Ist

Sejumlah warga menyaksikan Lima rumah di pinggiran rel kerepa api di Kampung Kurnia Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, yang ludes terbakar, Minggu (17/9). Api berasal dari tumpukan BBM jenis Pertalite hasil curian dari pipa Pertamina.

  • Bagikan