Shalat Ghaib Di Makkah

  • Bagikan
Shalat Ghaib Di Makkah

MAKKAH (Waspada): SEJUMLAH ulama dan Petugas Haji Daerah se Sumut, melaksanakan Shalat Ghaib untuk almarhum Ustad H. Muhammad Hamdan Yazid dan almarhum Ustadz Irfan El Fuadi Lubis yang meninggal di tanah air dan 7 jamaah calon haji (Calhaj) dari Sumut yang meninggal di tanah suci.

Jamaah dari Sumut yang meninggal yakni Hasan Basri Siregar, Habibah Binti Saleh, Satiyem Bin Murnali, Ani Misra Sudarno Ali, Suhaimi Aris Bin Kliwon dan Abdul Hakim Bin Yahya.

Shalat Ghaib dipimpin Ketua MUI Kota Medan Dr. H. Hasan Maksum MA, di tanah suci Mekkah, Selasa (20/6).

Shalat Ghaib diikuti antara lain Tuan Guru Besilam Dr. Zikmal Fuad MA, para ulama, Koordinator PHD Sumut H. Afifi Lubis, Ketua KBIH Pemprovsu Basyarin Tanjung dan Ketua Rombongan I KBIH Pemprovsu Kloter 14 Dr. H. Eddy Syofian MAP.

Koordinator Petugas Haji Daerah Sumut H. Afifi Lubis dalam pengantar sebelum Shalat Ghaib, menyatakan turut berduka cita atas wafatnya ulama dan calon haji dari Sumut, semoga mereka husnul khotimah.
Afifi Lubis juga menyatakan semoga jamaah haji Sumut yang tergabung dalam 24 Kloter semuanya sehat walafiat.

Dia berpesan kepada semua Petugas Haji Daerah agar membantu petugas Kloter. Keberhasilan pelaksanaan haji dari Kloter Sumut juga sangat ditentukan oleh peran Petugas Haji Daerah.

“Mengingat banyak jamaah yang Lansia, para petugas haji daerah agar memberi perhatian kepada mereka,” tuturnya seraya berharap agar petugas memberikan sentuhan kasih sayang kepada para Lansia ini.
Menjelang puncak Haji, Afifi Lubis meminta kepada para petugas haji daerah untuk mengingatkan jamaah agar tidak memaksakan diri beribadah sunnah karena ibadah wajibnya di Armuzna yang perlu diprioritaskan.

Bagi jamaah yang punya riwayat sakit agar rutin mengonsumsi obat, istirahat yang cukup dan minimal minum air 200 ml, tidak memaksakan diri melempar Jamarot dan jangan memaksakan diri berpuasa sunnah.

“Beribadah itu jangan bernafsu, tetapi berilmu,” sebut Afifi Lubis seraya menyatakan mengukur kemampuan fisik dengan ibadah bagian dari cara beribadah yang berilmu. (m15)

Waspada/Ist
Ketua MUI Kota Medan Dr. Hasan Maksum MA, menjadi imam shaat ghaib bersama para ulama dan Petugas Haji Daerah, untuk ulama dan jamaah calon haji Sumut yang meninggal dunia, di Makkah, Selasa (20/6).

  • Bagikan