12 Ribu Personel Gabungan Disiapkan Untuk Pengamanan Idul Fitri

Cuaca Ekstrim Diprediksi Landa Pakpak Dan Madina

  • Bagikan
12 Ribu Personel Gabungan Disiapkan Untuk Pengamanan Idul Fitri

MEDAN (Waspada): Polda Sumut bersama instansi terkait mensiagakan 12 ribu lebih personel gabungan untuk pengamanan perayaan Idul Fitri 1445 H/2024 M diseluruh wilayah Sumatera Utara.

Pengamanan dilakukan di pusat-pusat keramaian, wilayah dianggap rawan serta ruas-ruas jalan yang menjadi akses masyarakat dalam merayakan Idul Fitri. Selain itu, Polda Sumut juga melakukan antisipasi terkait dengan pergerakan kendaraan dan orang yang akan menuju ke Sumatera Utara maupun yang meninggalkan Sumatra Utara.

Kapolda Sumut Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi mengatakan itu usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024 di Mapolda Sumut, Rabu (3/4).

Pelaksanaan apel ditandai pemeriksaan pasukan TNI/Polri, Satpol PP, Basarnas dan BPBD Sumut oleh Kapolda Sumut dan Pj Gubernur Sumut Hassanudin. Turut hadir Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, Waka Polda Sumut serta pejabat lainnya.

Kapolda mengatakan, berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dua wilayah di Sumut diprediksi mengalami curah hujan tinggi.

“Kami mendapat informasi dari BMKG bahwa curah hujan di wilayah Sumatera Utara ada beberapa daerah yang akan turun,” ujarnya.

Dikatakan dia, ada dua daerah akan mengalami curah hujan tinggi, yakni wilayah Pakpak Bharat dan Mandailing Natal (Madina). “Dua wilayah itu akan mengalami curah hujan tinggi,” sebut Kapolda.

“Polda Sumut akan terus melakukan mitigasi dan berbagai langkah antisipasi, sehingga masyarakat yang melaksanakan lebaran Idul Fitri nyaman dan aman, kata Kapolda menyebut cuaca ekstrim itu diprediksi terjadi sehari sebelum lebaran (H-1) sampai dengan tiga hari setelah lebaran ( H+3).

Sementara, Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat apel gelar pasukan Ops Ketupat menjelaska bahwa apel gelar pasukan sebagai bentuk kesiapan dan komitmen TNI/Polri serta stakeholder terkait dalam memberi pengamanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik dan lebaran.

Sehingga, kata di, masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dapat merasa aman dan nyaman.(m10)

Waspada/Ist
Kapoldasu Irjen Pol. Agung Setya dan Pj Gubsu Hasanuddin memeriksa pasukan saat apel gelar pasukan Ops Ketupat Toba 2024 di Mapoldasu, Rabu (3/4).

  • Bagikan