Agus Salim Ujung : Pilih Caleg Berkualitas, Abaikan Isi Tas

  • Bagikan
WAKIL Ketua DPW PAN Agus Salim Ujung. Waspada/Ist
WAKIL Ketua DPW PAN Agus Salim Ujung. Waspada/Ist

Medan (Waspada): Menyongsong perhelatan Pemilu Legislatif 14 Februari 2024 mendatang, Wakil Ketua DPW PAN Agus Salim Ujung mengimbau masyarakat, agar mengubah mindset dalam menjatuhkan pilihan kepada calon anggota legislatif (caleg).

“Pilihlah caleg-caleg yang berkualitas dan abaikan isi tas,” kata Ujung, yang juga Caleg PAN DPRD Sumatera Utara No 3 Dapil Sumut 2 (Medan B) kepada wartawan, Senin (22/1/2024).

Agus Salim Ujung menekankan, jika dalam menetapkan pilihan kepada para caleg, masyarakat lebih dipengaruhi oleh faktor pemberian (uang dan sembako), dikhawatirkan gedung parlemen nanti akan banyak diisi orang-orang yang tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dalam melaksanakan tupoksinya sebagai wakil rakyat.

Untuk itu, Ujung berharap, sebelum menetapkan pilihan terhadap caleg yang hendak dicontreng nanti, sebaiknya dicermati terlebih dahulu rekam jejak (track record) para caleg tersebut, supaya tidak terkesan seperti membeli kucing dalam karung.

Terkait dengan pentingnya menghasilkan anggota legislatif yang berkualitas dan kredibel tersebut, Ujung mengimbau pihak Bawaslu supaya lebih mengoptimalkan pengawasan terhadap dugaan maraknya praktik money politic dan probabilitas terjadinya serangan fajar, menjelang hari ‘H’ pencoblosan.

Jajaran Bawaslu di Indonesia pada umumnya dan di Sumut khususnya, hendaknya turut berperan dan mampu memaksimalkan sosialisasi ke tengah masyarakat, perihal keharusan untuk mencegah maraknya dugaan praktik politik uang.

“Pihak Bawaslu seharusnya bisa meyakinkan masyarakat supaya memiliki sikap tegas untuk menolak sogokan para caleg (say no to money politic),” harap Agus Salim Ujung, yang juga pengurus SPS Sumatera Utara.

Selain itu, pengurus KAHMI Sumut dan alumnus UINSU ini, juga menekankan pentingnya mewujudkan perubahan di legislatif. Yakni menghadirkan orang-orang baru di institusi perwakilan rakyat tersebut.

“Perubahan di tubuh legislatif hanya dimungkinkan terwujud, jika rakyat ikut berperan, dengan cara ramai-ramai memilih figur-figur caleg yang lebih fresh (tapi berkualitas), sehingga wajah anggota parlemen lima tahun ke depan, didominasi politisi yang kredibel, merakyat dan bukan karbitan,” tegas Ujung. (cpb)

  • Bagikan