Antisipasi Kecurangan Pilpres 2024, TPD AMIN Sumut Bentuk Tim Hukum

  • Bagikan
PELANTIKAN Tim Hukum TPD pasangan AMIN di Sumut. Waspada/Ist
PELANTIKAN Tim Hukum TPD pasangan AMIN di Sumut. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada):  Edukasi bagi kaum millenial dan Gen-Z menjadi sasaran penting tim hukum yang dibentuk Tim Pemenangan Daerah (TPD) Pasangan AMIN (Anies-Cak Imin) di Sumatera Utara (Sumut).

“Jadi TPD AMIN di Sumut membentuk tim hukum tak sekadar untuk mengantisipasi kecurangan, tetapi juga edukasi hukum bagi Kaum millenial dan Gen Z, yang merupakan kelompok pemilih terbesar pada Pemilu 2024,” ungkap Wakil Sekretaris TPD AMIN Sumut, Dr. Adi Mansar, SH, M.Hum, via seluler, Minggu, 24 Desember 2024.

Advokat yang pernah aktif di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan ini menambahkan, kaum millenial dan Gen Z harus banyak diberi pemahaman hukum.

“Khususnya terkait hukum kepemiluan, agar tidak terjebak dengan isu-isu yang menyesatkan seperti berita hoaks yang kerap muncul di tahun-tahun politik,” terangnya.

Dia berharap, para pemilih muda bisa menahan diri untuk tidak saling serang di media sosial terkait sosok yang dijagokannya pada Pilpres mendatang. Karenanya, Tim Hukum TPD AMIN Sumut harus segera merumuskan berbagai konsep pelatihan dan edukasi hukum bagi generasi muda.

Selain itu, Adi Mansar juga mengatakan pembentukan tim hukum yang dikoordinir Yance Aswin merupakan kelengkapan struktur yang ada di TPD AMIN Sumut, sebagaimana halnya kelengkapan yang ada di Tim Nasional (Timnas) Pasangan No Urut 1.

“Kalau tim hukum sendiri sebenarnya sudah terbentuk sejak Agustus 2023, namun namanya masih Tim Hukum Anies Baswedan, ini adalah penyempurnaannya dan sekarang menjadi Tim Hukum AMIN,” paparnya pula.

Terakhir, Adi Mansar menegaskan, selain memberi edukasi pada generasi muda, Tim Hukum TPD AMIN Sumut juga akan memantau berbagai spanduk ataupun media kampanye lain dari TPD AMIN agar tema yang dimunculkan tidak ada yang menyudutkan atau mengecilkan paslon lain. “Kita akan berkoordinasi dengan tim kampanye terkait hal itu. Jika ada spanduk atau baliho dari Tim AMIN yang terkesan menyudutkan paslon lain, kita sendiri yang akan menertibkannya,” pungkasnya.

Diketahui, Wakil Ketua Tim Hukum Nasional AMIN, Dr. Herman Kadir melantik Yance Aswin menjadi Koordinator Tim Hukum AMIN Sumatera Utara pada Jumat, 22 Desember 2023.

Herman Kadir mewakili ketua Tim Hukum Nasional AMIN, mengatakan pihaknya bertugas mengamankan seluruh kepentingan hukum pasangan AMIN dalam proses pencalonan presiden dan wakil presiden 2024. “Maka oleh sebab itu perlu dibentuk tim hukum AMIN baik di tingkat pusat, provinsi dan sampai kabupaten/kota, guna mengamankan kepentingan hukum Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Hukum AMIN Sumatera Utara, Yance Aswin mengaku tidak menyangka akan mewakili seluruh rakyat Indonesia untuk menegakkan keadilan dan kebenaran. Setelah 26 tahun berkarir sebagai advokat, baru kali ini dirinya mendapatkan momentum membela kepentingan rakyat Indonesia dalam agenda Pilpres 2024.”Diharapkan kepada partai pengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mari kita hindari kelakuan mencurangi. Marilah kita berdoa dan berjuang untuk memenangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar satu putaran dan kami siap membantu tim kampanye daerah dalam proses pendampingan hukum,” tukasnya, usai pelantikan.

Ketua TPD AMIN Sumut Edy Rahmayadi pun mengapresiasi deklarasi 200 ahli hukum untuk mengawal dan membela keadilan bagi pasangan Capres dan Cawapres AMIN pada Pilpres 2024.”Kita harus sepakat bahwa hukum jika dilaksanakan dengan benar dan adil, itu merupakan bagian dari kesejahteraan yang menghasilkan pemerataan kepada semua rakyat Indonesia,” ucap Edy (m19)

  • Bagikan