Bansos Pilih Kasih Di Lingkungan XIV Sidorame Timur

Masyarakat Ingin Bertemu Wali Kota

  • Bagikan
Bansos Pilih Kasih Di Lingkungan XIV Sidorame Timur

MEDAN (Waspada): Sebagian besar warga di Lingkungan XIV, Kelurahan Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan, ingin bertemu dengan Walikota Medan, Bobby Afif Nasution. Mereka ingin menyampaikan keluh-kesah tentang perbuatan oknum Kepela Lingkungan (Kepling) XIV, MS yang diduga pilih kasih dalam menyalurkan dana bantuan sosial (Bansos).

Hal itu diungkapkan sejumlah warga Rauli Pasaribu, Elvina Rosmaida, Risda Sihombing, dan Linda Br Simbolon kepada Waspada di Medan, akhir pekan lalu. Sebagian besar dari mereka mengeluhkan pembangian bansos berupa beras dan uang tunai diduga pilih kasih dan terkesan tidak transparan.

Seperti halnya Elvina Rosmaida yang mengaku baru beberapa kali mendapat bantuan uang tunai, namun dihentikan karena tidak diberikan “uang salam tempel” kepada sang kepling XIV.

Warga Jl Permai Gg Amal No 7 Medan ini berharap Walikota merespon keluhannya, mengingat dana dari pemerintah sangat dibutuhkan untuk mengobati suaminya yang terkena penyakit stroke.

Hal yang sama juga dialami Rauli Br Pasaribu yang mengeluhkan nasib anaknya Linda Br Simbolon warga Jalan Permai Gg Katik Walik No 14 Medan itu yang belum mendapatkan bantuan tunai langsung. “Padahal pihak kepling sudah bolak-balik datang ke rumahnya untuk didata, namun sudah 10 tahun menunggu tak kunjung terealisasi,” katanya.

Begitu juga Risda Sihombing yang hingga kini belum kunjung menerima bansos, padahal semua persyaratan seperti KK, dan KTP sudah diambil pihak lingkungan.

Mereka juga menduga perysaratan administrasi yang diambil bukan untuk sebagai syarat  untuk mendapatkan bansos, melainkan untuk syarat formil bagi sang oknum Kepling XIV untuk terpilih lagi untuk jabatan berikutnya.

Para warga ini bersama seratusan masyarakat Lingkungan XIV Sidorame Timur sudah membubuhkan tandatangan bermaterai pada 20 Februari 2024 yang ditujukan kepada Lurah Sidorame Timur, namun tidak terlihat upaya maksimal menuntaskan laporan warga.

Karenanya, mereka sepakat akan mendatangi Wali Kota Medan untuk menindaklanjuti keluhan tersebut. Mereka juga meminta Wali Kota Medan Bobby Nasution agar MS, oknum Kepling XIV segera dicopot dari jabatannya.

Senada kata Ketua LSM Badan Anti Korupsi Indonesia (Bakindo) Drs Enrico JS Rambe yang ikut mewakili aspirasi warga Lingkungan XIV berharap aspirasi warga dapat ditindaklanjuti oleh Lurah, Camat bahkan Walikota Medan.

Terpisah Kepling XIV Mannes Siagiaan yang dihubungi Waspada tidak merespon panggilan, begitu juga pesan whatsapp tidak berbalas. Begitu juga Camat Medan Perjuangan Pandapotan Ritonga, tidak menerima panggilan telepon ketika dihubungi. (cpb)

Sejumlah warga Lingkungan XIV, Kelurahan Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan. Waspada/Ist

  • Bagikan