Bidang Komisi Pendidikan MUI Sumut Gelar Training Pemuda Dan Kaderisasi

  • Bagikan
Bidang Komisi Pendidikan MUI Sumut Gelar Training Pemuda Dan Kaderisasi

MEDAN (Waspada): Bidang/Komisi Pendidikan, Pemuda dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara melaksanakan training pemuda dan remaja masjid di Hotel Madani Medan, Jumat (22/12).

Ketua Umum MUI Sumut, Dr. H Maratua Simanjuntak ketika membuka kegiatan itu menyampaikan apresiasinya dengan pelatihan untuk menyiapkan pemuda dan remaja masjid yang kuat iman, kuat akidah, kuat ilmu, kuat pendirian dan kuat dalam belajar untuk menghadapi tantangan serta persaingan masa depan.

Menurut Ketua MUI, pemuda adalah calon pemimpin masa depan, karena itu harus memiliki keunggulan yang lebih baik, mengingat tugas serta tanggung jawabnya yang sangat berat sebagai garda terdepan pembela Islam.

“Pemantapan akidah pemuda menjadi sangat penting,” kata Maratua.

Dalam sambutannya Ketua MUI juga meminta respon cepat pemuda dalam menyikapi perkembangan yang sangat dinamis terjadi akhir-akhir ini manakala ulama harus menghadapi permasalahan yang sesungguhnya merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi MUI sebagai pelayan umat serta mitra strategis pemerintah terutama dalam menjaga umat dari ajaran menyimpang.

Sementara Ketua Panitia Dr Arifinsyah dalam keterangannya menyampaikan, kegiatan dilaksanakan selama dua hari diikuti kader pemuda remaja masjid dari 13 kabupaten/kota sebagai bagian penting untuk menyiapkan pemuda Islam yang kuat dan mencintai ulama.

“Diharapkan pemuda dapat memahami visi misi MUI sebagai tenda besar umat,” kata Sekretaris Bidang Pendidikan MUI Sumut ini.

Dia juga menjelaskan pelatihan dasar serupa juga akan dilaksanakan di kabupaten/kota lainnya, sehingga diharapkan kemampuan pemuda Islam dapat terus ditingkatkan. Selanjutnya akan dilaksanakan pelatihan lanjutan kepada kader terpilih yang diharapkan dapat menjadi agen penguatan kapasitas pemuda Islam.

Sebagai nara sumber pada kegiatan itu adalah Prof. Dr. Aminuddin Siahaan, Dr. Ali Imran Sinaga dan Ketua Komisi Pendidikan Dr. Najamuddin Siregar.(m22)

Waspada/ist
Ketua Umum MUI Sumut, Dr. H Maratua Simanjuntak bersama peserta dan pembicara poto bersama.

  • Bagikan