Buka Turnamen Futsal Sumpah Pemuda, Rahudman Ajak Generasi Muda Jaga Semangat Persatuan Dan Kesatuan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada) : Tokoh masyarakat Sumatera Utara, Drs H Rahudman Harahap MM, mengajak kalangan generasi muda untuk dapat terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan yang telah dicetuskan para pemuda dalam ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam.

Hal itu disampaikan Rahudman ketika memberi sambutan sekaligus membuka Turnamen Futsal dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 95, di Lapangan Futsal Mumtaz, Desa Laut Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Sabtu (28/10/2023).

Lebih jauh Walikota Medan priode 2010 – 2015 ini mengatakan, generasi muda sebagai pelanjut estapet kepemimpinan bangsa, harus memiliki sikap patriotisme, nasionalisme dan gotong royong, serta mampu mementingkan kepentingan umum dari kepentingan pribadi.

“Selain itu, pemuda juga harus memiliki semangat pantang menyerah dan bisa saling menghargai satu dengan yang lain. Itu semua harus ditanamkan di diri kita masing-masing, agar bangsa ini kedepan dapat lebih baik,” pesan Rahudman.

Caleg DPR RI dari Partai NasDem untuk daerah pemilihan (Dapil) Sumut 1 ini juga menyinggung Pemilu 2024, baik Legislatif dan Pilpres yang dilaksanakan serentak pada 14 Februari 2024. Rahudman berharap generasi muda bisa berperan aktif dalam pesta demokrasi itu dan menggunakan hak suaranya demi terciptanya perubahan tata kelola pemerintahan di negeri ini ke arah yang lebih baik.

“Generasi muda baik itu kaum millenial dan Gen Z merupakan penentu perubahan di negeri ini karena jumlahnya yang sangat besar, yakni mencapai 56,45% dari total keseluruhan pemilih pada Pemilu 2024,” kata Rahudman.

Karenanya, imbuh Rahudman, generasi muda pada Pemilu 2024 memiliki peran yang sangat strategis. Pemuda harus memberi ide dan gagasan kepada pemangku kepentingan, bekerja sama dengan penyelenggara Pemilu, ikut mengawasi dan menjadi bagian dari partai/peserta Pemilu untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas.

Terakhir, Rahudman menyatakan menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan para pemuda di Desa Laut Dendang, Percut Sei Tuan, yang menggelar kegiatan Turnamen Futsal untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Ia berpesan agar peserta turnamen tetap menjaga sportivitas dalam bertanding.

“Jadikan kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi serta memperkuat persatuan dan kesatuan kita. Dan kita berharap melalui kegiatan ini dapat tersaring pemain-pemain futsal yang berbakat,” tandas Rahudman.

Sebelumnya, Ketua Panitia Turnamen Futsal, Rifki, melaporkan Turnamen Futsal Sumpah Pemuda ini diikuti oleh 32 tim yang berasal dari Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang.

“Kita sengaja mengundang tim-tim futsal yang ada di Kota Medan dan Deliserdang untuk meramaikan turnamen ini. Alhamdulillah, banyak tim yang antusias, termasuk tim-tim futsal dari sejumlah kampus yang ada di Kota Medan dan Deliserdang,” katanya.

Rifki mengucapkan terima kasih kepada H Rahudman Harahap yang telah mendukung penuh kegiatan ini, dalam rangka untuk mencari bibit-bibit pemain futsal yang berbakat. Terima kasih juga ia sampaikan kepada Kepala Desa Laut Dendang dan Ketua Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Sumut yang turut mendukung kegiatan ini hingga dapat terlaksana dengan baik.

Buya Dr Burhanuddin Harahap MPd selaku Ketua Perti dan pengelola Mumtaz, menyatakan sangat senang melihat banyaknya tim yang tampil sebagai peserta pada Turnamen Futsal Sumpah Pemuda yang digelar di lapangan futsal Mumtaz.

Ia pun berharap para peserta tetap menjaga sportivitas dan dapat menjadikan kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi dan menjadikan permainan sebagai ajang untuk mengasah skill dan kemampuan. “Semoga dari kegiatan ini banyak lahir pemain-pemain futsal yang berbakat dan dapat kita promosikan untuk ikut bertanding ke ajang yang lebih tinggi,” imbuhnya. (hs)

  • Bagikan