DBD Di Medan Sebanyak 965 Kasus

  • Bagikan
DBD Di Medan Sebanyak 965 Kasus

MEDAN (Waspada): Jumlah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Medan sepanjang 2023 sebanyak 965 kasus dan meninggal dua orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Medan dr Pocut Fatimah Fitri menyebutkan DBD rincian per bulannya, di Januari 2023 sebanyak 165 kasus, Februari 128 kasus, Maret 100 kasus, April 44 kasus, Mei 71 kasus.

“Kemudian, Juni 74 kasus, Juli 78 kasus, Agustus 80 kasus, September 68 kasus, Oktober 54 kasus, November 55 kasus, Desember 48 kasus,” katanya, Jumat (8/3).

Ia menyampaikan kasus DBD dari Januari-Februari 2023 dibandingkan dengan Januari-Februari 2024 tidak mengalami kenaikan signifikan. Data DBD di Januari 2024 sebanyak 73 kasus dan Februari 79 kasus,” sebutnya.

Ia mengatakan masyarakat perlu mewaspadai gejala DBD agar ditangani secara intensif antara lain, demam tinggi, nyeri kepala, nyeri pada otot, sendi, tulang, dan bagian belakang mata. Bisa juga disertai mual, dan muntah. “Kadar trombosit perlu diberiksa, biasanya menurun dari normal,” ujarnya.

Menurutnya, DBD ini muncul dikarenakan pengaruh cuaca dan perilaku masyarakat yang kurang memperhatikan adanya genangan air yang tidak dibersihkan, sehingga bisa menjadi tempat perindukan nyamuk. Ia mengatakan pencegahan tetap dengan penyuluhan, pemberantasan sarang nyamuk dan foging fokus.

“Beberapa cara berikut ini untuk mencegah penularan DBD secara efektif yaitu, melakukan Gerakan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur). Menggunakan Bubuk Larvasida. Memakai obat dan lotion anti nyamuk. Menjaga kebersihan rumah secara telaten. Membersihkan lingkungan tempat tinggal. Rajin menjaga kebersihan diri,” ucapnya. (Cbud)

  • Bagikan