Desa Saran Padang Luncurkan Sistem Informasi Arsip Administrasi Desa Berbasis Web

LPPM Lakukan Transformasi Digital

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Di era digital ini, perkembangan teknologi informasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Dan, salah satu tempat yang turut mengikuti jejak perkembangan ini adalah Desa Saran Padang.

Di bawah kepemimpinan yang progresif, Maya Fitria, SKM, M.Kes, dan dibantu oleh tim ahli, termasuk anggota Fauzan Nur Ahmadi, Desa Saran Padang telah melakukan lompatan besar dalam pelayanan administratif desa.

Sebagai sebuah pengabdian kepada masyarakat, Desa Saran Padang meluncurkan “Sistem Informasi Arsip Administrasi Desa Berbasis Web.”

“Ini bukan sekadar sebuah inovasi, tetapi sebuah tonggak bersejarah dalam memberikan pelayanan administratif yang lebih efisien, transparan, dan mudah diakses bagi warganya,” jelas Maya Fitria kepada Waspada pada Minggu (29/10).

Dikatakan juga sistem ini, yang telah dirancang dan dikembangkan dengan cermat, memungkinkan penduduk Desa Saran Padang untuk mengakses informasi administratif desa secara daring.

Ini mencakup data kependudukan, surat-surat administratif, akta kelahiran, kematian, dan banyak lagi. Dengan sistem ini, warga dapat mengakses dokumen mereka dengan cepat dan mudah, mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk mendapatkan informasi ini.

“Keuntungan dari sistem ini tidak hanya untuk warga, tetapi juga untuk staf administratif desa. Proses pengarsipan dan pencarian data menjadi lebih cepat, akurat, dan efisien. Hal ini membantu staf desa untuk lebih fokus pada tugas-tugas pelayanan masyarakat yang lebih penting,” ujarnya.

Ini adalah contoh nyata bagaimana teknologi informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan pemerintah di tingkat lokal. Melalui pengabdian kepada masyarakat dan inovasi berbasis teknologi ini, Desa Saran Padang telah menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lain dalam upaya untuk memberikan pelayanan administratif yang lebih baik dan efisien bagi warga.

Dalam menghadapi masa depan, Desa Saran Padang berkomitmen untuk terus memperbaiki dan mengembangkan sistem ini. Kami berharap bahwa inovasi ini akan memberikan manfaat yang berkelanjutan dan membantu membangun desa yang lebih maju dan sejahtera.

Ini adalah awal yang baik, dan kami yakin bahwa lebih banyak prestasi akan datang. Teruslah mengikuti perkembangan ini, dan mari bersama-sama berkontribusi untuk masa depan yang lebih cerah bagi Desa Saran Padang.(cbud)

  • Bagikan