Dikunjungi Kahiyang Ayu, Kelurahan Belawan Sicanang Kenalkan Produk Unggulan Mangrove Untuk Lomba UP2K Tingkat Provinsi Sumut

  • Bagikan
Dikunjungi Kahiyang Ayu, Kelurahan Belawan Sicanang Kenalkan Produk Unggulan Mangrove Untuk Lomba UP2K Tingkat Provinsi Sumut

Medan (Waspada): Berbagai produk berbahan dasar mangrove menjadi produk unggulan Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan untuk mengikuti lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) mewakili Kota Medan di tingkat Provinsi Sumut.

Produk-produk unggulan ini dilihat langsung Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution saat melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi dalam rangka persiapan kunjungan Supervisi TP PKK Provinsi Sumut, di aula kantor Kelurahan Belawan Sicanang, Rabu (21/2/2023).

Dalam kunjungannya Kahiyang Ayu yang didampingi Ketua I, Ismiralda Wiriya Alrahman, Kadis UKM Koperindag, Benny Iskandar Nasution dan segenap Pengurus TP PKK Kota Medan juga memberikan sejumlah saran dan masukan untuk TP PKK Kelurahan Belawan Sicanang agar benar-benar siap untuk mengikuti lomba UP2K tingkat Provinsi Sumut.

“Produk unggulan di Kelurahan Belawan Sicanang ini bagus. Namun untuk lebih menarik, kemasan dari produk tersebut harus dapat diperbarui. Sebab orang yang ingin membeli pastinya awalnya karena kemasan yang bagus. Oleh karena itu lakukan koordinasi dengan Dinas UKM Koperindag untuk memperbaiki kemasan dari produk-produk tersebut”, kata Kahiyang Ayu.

Menurut Kahiyang Ayu, jika nanti pelaku usaha di Kelurahan Belawan Sicanang mendapatkan pembinaan dari Dinas UKM Koperindag tentunya akan diajarkan cara pengemasan produk yang lebih cantik dan rapi.

“Sampaikan saja apa yang menjadi kendala terhadap kemasan produk kepada Dinas UKM Koperindag. Nantinya mereka akan membantu untuk membuat kemasan yang lebih baik”, jelas Ketua TP PKK Kota Medan seraya menanyakan pemasaran dari produk unggulan tersebut.

Selanjutnya Kahiyang Ayu juga memberikan masukan untuk pemaparan atau presentasi yang akan dilakukan TP PKK Kelurahan Belawan Sicanang saat tim Supervisi TP PKK Provinsi Sumut datang. Tentunya sebelum pertemuan ini sudah ada juga masukan dari tim TP PKK Kota Medan, dari masukan tersebut dapat dipelajari agar menjadi lebih baik nantinya.

“Nantinya waktu pemaparan saya minta sampaikan pelan-pelan saja. Jangan tergesa-gesa nanti tidak tersampaikan hal penting yang harus disampaikan termasuk produk unggulan yang ada. Artinya penyampaiannya harus jelas dan dapat dipahami. Tampilkan yang terbaik agar Kelurahan Belawan Sicanang ini menjadi pemenang lomba UP2K tingkat Kota Medan karena tahun lalu kita juara”, ujar Kahiyang Ayu.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kelurahan Belawan Sicanang, Yusniar, menjelaskan bahwa dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga, pihaknya memanfaatkan mangrove untuk diolah menjadi berbagai produk. Selain untuk meningkatkan pendapatan keluarga, produk dari tanaman mangrove ini juga bermanfaat untuk menangani stunting.

“Terdapat delapan produk unggulan berbahan dasar mangrove yang dihasilkan oleh pelaku usaha dibawah binaan TP PKK Kelurahan Belawan Sicanang. Produk tersebut yaitu keripik jeruju, selai pidada, sirup pidada, cendol, basreng, dodol dan kerupuk nastar”, jelasnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri Camat Medan Belawan Yoga Budi Pratama Irawan, Ketua TP PKK Kecamatan Medan Belawan, Lurah Belawan Sicanang, Deby Fauziah dan unsur Forkopimcam, Yusniar juga menjelaskan selain produk unggulan mangrove, TP PKK Kelurahan Belawan Sicanang juga memanfaatkan daur ulang sampah menjadi suatu produk dan olahan ikan untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“Dari tanaman mangrove kita juga berinovasi membuat produk turunannya seperti sabun, sampo dan lulur. Selain itu dalam meningkatkan pendapatan keluarga kita juga menghasilkan produk memanfaatkan daur ulang sampah berupa bodybag dan produk olahan dari ikan”, sebutnya.

Kemudian dalam pertemuan ini juga Pengurus TP PKK Kota Medan dan Kadis UKM Koperindag juga memberikan masukan kepada TP PKK Kelurahan Belawan Sicanang. Berbagai pendapat yang diberikan diharapkan dapat menjadikan masukan untuk kesiapan Kelurahan Belawan Sicanang dalam rangka kunjungan Supervisi TP PKK Provinsi Sumut. (rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *