Dirbinmas Poldasu Ajak Satpam Ciptakan Pemilu Damai 2024

  • Bagikan
Dirbinmas Poldasu Ajak Satpam Ciptakan Pemilu Damai 2024

MEDAN (Waspada): Seiring perkembangan zaman, tantangan tugas satuan pengaman (satpam) semakin tidak mudah. Cara-cara melakukan kejahatan secara konvensional telah ditinggalkan, sehingga menuntut satpam lebih meningkatkan kapasitas atau kemampuan diri.

“Di sisi lain, kami apresiasi program membanggakan yang dilakukan yakni memberikan potongan 50 persen bagi satpam yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sebagai pembina, kami bangga dan saya kira program ini hanya ada di Sumatera Utara (Sumut),” ujar Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Sumut Kombes Pol Mohammad Muslim Siregar dalam arahannya saat menghadiri syukuran HUT ke-43 satpam yang digagas Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) dan Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (Apsi) bertema ‘Satpam Tangguh Mendukung Pemilu Aman dan Damai’ di Manhattan Urban Market, Jl. Gatot Subroto, Medan, Rabu (10/1).

Namun, kata Kombes Pol Muslim, alangkah baiknya jika ada program-program lain yang bisa meningkatkan kesejahteraan para satpam.

Dikatakannya, ada sekitar 2,5 juta orang di Indonesia berprofesi sebagai satpam. Sedangkan di Sumut berkisar 50 ribu orang, termasuk satpam wanita.

Di kesempatan itu, Muslim mengajak seluruh pihak, khususnya satpam untuk sama-sama menjaga dan menciptakan Pemilu Damai di 2024. “Ajak keluarga tidak terpengaruh empat H, yakni hasut, hasat, hate speech (ujaran kebencian) dan hoaks. Perbedaan pilihan jangan sampai menimbulkan perpecahan bahkan keributan. Kalau negara aman, kita bisa beraktivitas dengan nyaman,” tuturnya seraya menyampaikan, sebagai wujud perhatian senantiasa memberikan penghargaan terhadap satpam berprestasi.

Ciptakan kamtibmas

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Abujabi H Djoned Djubaidi SH, SH, MH mengatakan, satpam punya pengaruh dan dampak besar terhadap aset perusahaan. Dia mengajak senantiasa menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Berkat bimbingan Dirbinmas Polda Sumut, sejumlah program bisa dijalankan,” katanya.

Ungkapan senada disampaikan Ketum Apsi Drs H Ibrahim Tarigan. Dia meminta satpam senantiasa meningkatkan kualitas dan disiplin. Apalagi dalam waktu dekat menghadapi pemilu. “Bersama Polri, mari kita jaga kamtibmas,” ajaknya.

Sementara, Ketua Panitia syukuran M Iqbal Sinaga SH MH menyampaikan, sebelum syukuran dilakukan sejumlah kegiatan di antaranya donor darah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jalan Sisingamangaraja dipimpin Dirbinmas Polda Sumut.

“Sebenarnya HUT satpam tepat 30 Desember, namun secara serentak seluruh satpam di Indonesia merayakan syukuran hari ini. Rangkaian acara tersebut tidak terlepas dukungan Polda Sumut, asosiasi satpam dan pihak terkait,” terangnya.

Iqbal menyebut, Abujapi dan APSI menjalin kesepakatan dengan perguruan tinggi swasta. Yakni potongan 50 persen biaya pendidikan bagi satpam yang memiliki kartu tanda anggota (KTA) dari Abujapi dan APSI. “Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh panitia, hingga acara berlangsung meriah dan lancar,” tandasnya.

Syukuran dirangkai penyerahan penghargaan kepada seorang satpam berprestasi dan dua satpam terbaik berdasarkan penilaian. Kemudian Dirbinmas Polda Sumut Kombes Pol Mohammad Muslim Siregar didampingi Ketua Abujapi dan APSI dan lainnya, memotong tumpeng serta memberikannya kepada satpam tertua dan termuda.(m27)

  • Bagikan