Direktur Kalibrasi Minta Faktor Penghambat Pelayanan Samsat Di Sumut Segera Diperbaiki

  • Bagikan
DIREKTUR LSM Kalibrasi Antony Sinaga, SH, MHum (kiri) bersama Kepala BP2RD Pemprov Sumut Achmad Fadly baru-baru ini. Waspada/Ist
DIREKTUR LSM Kalibrasi Antony Sinaga, SH, MHum (kiri) bersama Kepala BP2RD Pemprov Sumut Achmad Fadly baru-baru ini. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Direktur LSM Kalibrasi telah menyurati Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumut agar melakukan percepatan pelayanan Samsat di Sumatera Utara.

Dalam suratnya, Direktur LSM Kalibrasi Antony Sinaga, SH, MHum kepada wartawan, Senin (18/9), meminta agar faktor-faktor yang dinilai menghambat pelayanan Samsat segera diperbaiki.

‘’Faktor-faktor yang menghambat pelayanan di Samsat segera diperbaiki,’’ tegas Antony.

Hasil kajian Kalibrasi, faktor-faktor penghambat itu yakni Pencetakan Plat Kendaraan (TNKB) masih dilakukan di Dirlantas Polda Sumut (Samsat Medan Utara) untuk semua Samsat se-Sumatera Utara.

‘’Pengurusan dan penerbitan BPKB untuk Kendaraan Baru BBN 1 masih dilakukan melalui Samsat Medan Utara untuk kendaraan yang plat BK, sedangkan untuk kendaraan baru BBN1 plat BB dapat dilakukan di wilayah Samsat masing-masing,’’ harapnya.

Antony menyebut, masih ditemukan di beberapa Samsat, persyaratan pembayaran pajak tahunan (pengesahan STNK tahunan) masih melampirkan BPKB atau buku hitam.

Menurut Antony, dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan membuat aturan dalam Pencetakan Plat Kendaraan (TNKB) dilakukan di masing-masing Samsat di Sumut sesuai dengan domisili penduduk.

Selain itu Pengurusan dan Penerbitan BPKB untuk Kendaraan Baru BBN 1 untuk plat BK dan plat BB juga dilakukan di masing-masing Samsat sesuai dengan domisili penduduk.

‘’Kalibrasi juga meminta agar persyaratan pembayaran pajak tahunan, (pengesahan STNK tahunan tidak lagi melampirkan BPKB atau buku hitam di masing-masing Samsat se-Sumatera Utara,’’ ucap Antony.(m29)

  • Bagikan