Disdik Sumut Sembelih 148 Hewan Kurban

  • Bagikan
Disdik Sumut Sembelih 148 Hewan Kurban

MEDAN (Waspada): Merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Disdik Provsu) menyembelih 148 hewan kurban di tempat terpisah Wilayah I meliputi Medan dan Deli Serdang, Jumat (30/6).

Kadisdik Sumut Dr.Asren Nasution menyebutkan hewan kurban yang disembelih tersebut terdiri dari 105 ekor sapi dan 29 ekor kambing tersebar di Wilayah I dan 14 ekor sapi di Kantor Disdik Provsu sehingga jumlahnya 148 hewan kurban.
“Dari jumlah hewan kurban yang disembelih di Wilayah I menghasilkan sebanyak 9.056 bungkus dan 500 bungkus di Disdik Provsu, sehingga totalnya sebanyak 9.556 bungkus daging kurban yang dibagikan kepada ASN, tenaga honor, mitra Dinas Pendidikan serta warga masyarakat lainnya,” sebut Kepala Dinas Pendidikan Provsu Dr. Asren Nasution di sela penyerahan daging kurban secara simbolis di Kantor Disdik Provsu Jalan Teuku Cik Di Tiro Medan.

Asren didampingi Ketua Panitia Kurban Disdik Provsu Dr H Suhendri yang juga Kepala Bidang Pendidikan SMK, seluruh hewan kurban tersebut bersumber dari peserta kurban yang antara lain berasal dari ASN, kepala sekolah, guru dan siswa sekolah negeri dan swasta di Wilayah I serta ASN di lingkungan Disdik Provsu.

“Tahun ini pasca Covid yang melanda negeri ini selama dua tahun, kita mendorong teman-teman yang ada di daerah untuk menyemarakkan perayaan Hari Raya Idul Adha dengan berkurban. Dua tahun itu sangat mengganggu kita untuk bersilaturahmi dan berkurban dalam semarak Idul Adha. Ternyata momen silaturahmi dan berkumpul seperti ini sangat dirindukan oleh semua warga masyarakat, tidak terkecuali jajaran Dinas Pendidikan di Sumatera Utara,” ujar Asren Nasution.

Kegiatan berkurban dalam keagamaan dan syariat, tambah Asren, di dalamnya terdapat nilai-nilai yang bisa kita ambil sebagai pelajaran dalam kehidupan serta sebagai edukasi bagi anak-anak tentang makna berkurban. Di dalam makna berkurban itu juga terdapat ketulusan, kebesaran jiwa dan ketaatan serta keikhlasan yang juga tertuang di dalam Alqur’an.

“Disamping itu juga ada nilai kedisiplinan dan kesetiakawanan yang harus kita kembangkan dalam kehidupan kita di tengah-tengah masyarakat. Jadi, jangan dilihat dari aspek syariatnya, tapi dari kurban ini harus juga kita gali aspek luhur yang terdapat di dalamnya,” ujar Asren menambahkan.

Asren juga mengemukakan bahwa nikmat yang banyak yang kita peroleh dari kesempatan, kemudahan serta kesehatan dan umur panjang bahkan rejeki yang diberikan Allah SWT dalam kehidupan kita tersebut harus senantiasa kita syukuri.

“Bentuk rasa syukur tersebut antara lain dengan memperbanyak sholat dan berkurban,” tegas Asren seraya menyampaikan terima kasihnya kepada peserta kurban di Wilayah I, terdiri dari ASN, Kepala Sekolah, Guru dan siswa dan jajaran Disdik Provsu serta seluruh panitia yang terlibat di dalam kepanitian penyembelihan hewan kurban tersebut.(m22)

Kadisdik Provsu Dr. H Asren Nasution didampingi Ketua Panitia Drs H Suhendri, saat menyerahkan daging kurban secara simbolis kepada pegawai di lingkungan Disdiksu.Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *