Dokter Dan Perawat RSUP HAM Bergembira Bersama Pasien Kanker Anak

  • Bagikan
Dokter Dan Perawat RSUP HAM Bergembira Bersama Pasien Kanker Anak

MEDAN (Waspada): Para dokter dan perawat Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) berkumpul dan bergembira bersama para pasien kanker anak serta keluarganya di selasar Gedung Central Medical Unit (CMU) RSUP HAM.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit (PKPRS) RSUP HAM bekerja sama dengan Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) dalam rangka memperingati International Childhood Cancer Day atau Hari Kanker Anak Sedunia setiap tanggal 15 Februari.

Lebih dari 20 anak yang sedang menjalani pengobatan berbagai jenis kanker di RSUP HAM tampak sejenak melupakan bebannya. Mereka berbaur dan dihibur oleh beragam penampilan dari para penyintas kanker anak yang telah berhasil menaklukkan penyakit yang pernah menyerang tubuh mereka. Garis-garis senyum terlihat di bibir anak-anak itu, bersama orang tuanya, serta para dokter dan perawat yang selama ini merawat mereka di RSUP HAM.

“Mudah-mudahan dengan acara ini diharapkan paling tidak bisa menggugah hati kita bahwa banyak pasien kanker yang sangat membutuhkan perhatian kita, baik dari segi moril maupun material. RSUP HAM sendiri akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan secara paripurna dan mendukung segala hal dalam pelayanan kanker, termasuk kanker anak,” ucap Direktur Medik dan Keperawatan dr Otman Siregar SpOT(K) Spine melalui keterangan pers pada Minggu (18/2).

Sementara itu, Pembina YOAM Halimah Hutagalung menyampaikan apresiasi kepada RSUP HAM atas pelayanan yang diberikan selama ini, terutama dalam pelayanan kanker anak. “RSUP HAM sangat perhatian dan telah banyak memberikan bantuan bagi kami dalam mendampingi pasien kanker anak. Terima kasih juga telah memfasilitasi dan mendukung sehingga terselenggaranya kegiatan untuk menghibur anak-anak pasien kanker ini,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Novita Rohdearni Saragih SKM MSc MA yang hadir mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. Dia berharap kegiatan ini dapat menghibur dan sedikit meringankan beban para pasien kanker di RSUP HAM yang sedang berjuang melawan penyakit yang mereka derita selama ini.

Menurut laporan World Health Organization (WHO), lebih dari 1000 anak secara global didiagnosis menderita kanker setiap hari. Namun, kemajuan teknologi medis terkini telah memberikan peluang yang sangat tinggi bagi para pasien kanker untuk bertahan hidup. Peran dokter dan tenaga kesehatan lainnya, hingga orang tua dan keluarga menjadi bagian yang tidak kalah penting untuk mendorong mereka agar terus berjuang melawan kanker.

Acara peringatan hari kanker anak internasional ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada para pasien kanker anak dan orang tuanya, serta pemberian bunga kepada para dokter dan perawat yang hadir. Kemudian, kegiatan ditutup dengan foto bersama dan acara hiburan dari para penyintas kanker anak dan penjuang kanker dari YOAM.

Dalam acara ini, turut hadir pula Direktur Perencanaan, Keuangan dan Layanan Operasional RSUP HAM Drs Sudarto MM, Prof dr Bidasari Lubis SpA(K) dan dr Olga Rasiyanti Siregar MKed(Ped) SpA(K) yang merupakan dokter ahli onkologi anak di RSUP HAM, Prof dr Guslihan Dasa Tjipta SpA(K), Ketua KSM Ilmu Kesehatan Anak RSUP HAM dr Pertin Sianturi SpA(K), dan perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Medan. (cbud)

  • Bagikan