Dosen FT Dan FMIPA USU Terapkan Teknologi Tepat Guna Pengikis Bulu Pada Kulit Sapi

  • Bagikan
Penyerahan alat berupa mesin pengikis bulu otomatis oleh Ketua Program Pengabdian Kepada Masyarakat Mono Tahun Reguler 2023, Dr. Ir. Juliza Hidayati, MT kepada UD. Sari Jangek di Medan. Waspada/Ist
Penyerahan alat berupa mesin pengikis bulu otomatis oleh Ketua Program Pengabdian Kepada Masyarakat Mono Tahun Reguler 2023, Dr. Ir. Juliza Hidayati, MT kepada UD. Sari Jangek di Medan. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): UD. Sari Jangek merupakan sebuah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang produksi kerupuk jangek dan berlokasi di Jalan Amal Luhur No. 62, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan. Produk dari UD. Sari Jangek ini telah tersebar di beberapa kota, seperti Aceh, Pematangsiantar, Binjai, Padang dan di beberapa rumah makan serta toko oleh-oleh di Kota Medan.

Dalam memproduksi kerupuk jangek, UD. Sari Jangek menggunakan bahan utama kulitsapi/kerbau. Proses pembuatan kerupuk jangek melewati berbagai cara yaitu salah satunya dengan mengikis bulu pada kulit sapi/kerbau. Namun, proses pengikisan bulu kulit sapi/kerbau di UD. Sari Jangek masih menggunakan metode tradisional. Pengikisan dilakukan secara manual yaitu dengan menekan kulit dengan parang kikis sambil jongkok dalam waktu yang lama. Proses pengikisan ini tidaklah ergonomis karena dapat menimbulkan kelelahan pekerja serta adanya keluhan rasa sakit pada bahu dan kram lutut. Pengikisan secara manual ini juga dinilai tidak efisien dari segi waktu dan tenaga. Terlebih jika permintaan meningkat yang membuat bahan juga akan datang dalam jumlah yang banyak, sehingga proses pengikisan akan membutuhkan waktu yang lama dan memerlukan banyak tenaga. Hal ini juga akan menghambat proses produksi selanjutnya.

Melihat permasalahan yang dihadapi oleh UD. Sari Jangek ini, Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat USU yang diketuai oleh Dr. Ir. Juliza Hidayati, MT (Dosen Teknik Industri FT USU) dan beranggotakan Buchari ST., M.Kes., IPM (Dosen Teknik Industri FT USU) serta Dr. Yurnaliza, S.Si, M.Si (Dosen Biologi FMIPA USU). Dr. Ir. Juliza Hidayati, MT bersama Tim LPPM USU ini membuat solusi dengan pemanfaatan teknologi tepat guna. Solusi ini yaitu perancangan dan pengadaan alat pengikis bulu sapi yaitu berupa mesin yang dapat mengikis bulu pada kulit sapi/kerbau dengan lebih mudah dan cepat sehingga bisa meningkatkan produktivitas UD. Sari Jangek.

Dosen FT Dan FMIPA USU Terapkan Teknologi Tepat Guna Pengikis Bulu Pada Kulit Sapi
Proses Pengoperasi Alat Pengikis Bulu Otomatis. Waspada/Ist

Selain pengadaan alat, Dr. Ir .JulizaHidayati, MT menjelaskan bagaimana pentingnya manajemen bisnis strategi pemasaran secara online untuk memperluas area pemasaran. Dengan adanya kegiatan ini, UD. Sari Jangek memperoleh manfaat seperti meningkatnya produktivitas dan jumlah produksi kerupuk jangek, meningkatnya mutu kerupuk jangek, serta adanya peningkatan omset dari UD. Sari Jangek.

Pada pelaksanaan Kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat USU Mono Tahun Reguler 2023, dilakukan juga penyerahan alat pengikis bulu otomatis kepada UD. Sari Jangek oleh ketua tim, Dr. Ir. Juliza Hidayati, MT didampingi oleh Buchari ST, M.Kes dan Dr.Yurnaliza, S.Si, M.Si dengan harapan dapat memberikan dampak positif baik bagi UD. Sari Jangek ataupun bagi perguruan tinggi. (ka)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *