Dosen Unimed Bina Pedagang Es Podeng Belawan Melalui PKM

  • Bagikan
Dosen Unimed Bina Pedagang Es Podeng Belawan Melalui PKM

MEDAN (Waspada): Berawal dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (Unimed), mengaplikasikan ilmu teknologi tepat guna sebagai ajang meningkatkan sumber daya manausia (SDM) pedagang es podeng di Belawan II, Kecamatan Medan Belawan.

Tim dosen Unimed memberikan pembinaan produksi es podeng dengan menggunakan mesin rotasi agar dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi es podeng. Selain itu, diadakan pelatihan cara mengelola pembukuan keuangan terhadap para pedagang es podeng belum lama ini.

PKM yang didanai dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN), tim LPPM Unimed yang diketuai oleh Dr. Muslim, ST., M.Pd, dan dua orang anggota, yaitu Dr. Sarwa, MT dan Dr. Eko Wahyu Nugrahadi, M.Si beserta mahasiswa prodi pendidikan teknik mesin.

Tahap terakhir PKM yaitu melakukan pendampingan untuk melihat sejauh mana solusi yang ditawarkan mampu berjalan dengan baik dan untuk mengantisipasi munculnya masalah.

Dr. Muslim, ST., M.Pd menambahkan, PKM yang telah dilakuakan bersama tim dan mitra dalam menyelesaikan permasalahan adalah diperlukan adanya klasifikasi dari permasalahan itu sendiri. Pada kasus yang dialami mitra di Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan, permasalahan yang ada beberapa kategorikan yakni, (1) peningkatan kualitas dan kapasitas produksi, (2) desain kemasan yang menarik, (3) perbaikan manajemen pembukuan kuangan, dan yang ke (4) manajemen pemasaran yang dapat menjakau konsumen lebih banyak.

Ketua Tim PKM Dr. Muslim, ST., M.Pd, dosen Teknik mengatakan pentingnya kegiatan ini dilakukan, sebab proses produksi adalah serangkaian langkah atau kegiatan yang dilakukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk jadi atau layanan yang siap untuk dikonsumsi atau digunakan oleh konsumen. Proses produksi melibatkan transformasi dan pengolahan bahan baku menggunakan berbagai sumber daya seperti tenaga kerja, mesin, peralatan, dan teknologi yang efektif dan mudah dioperasikan.

Anggota Tim Pengabdian (PKM) Dr. Sarwa, MT juga menambahkan, dari hasil evaluasi kegitan PKM yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan dan penyerahan mesin rotasi ES PODENG dimanfaatkan dengan baik dan dapat meningkatkan pendapatan mitra kegiatan. (m19)


Waspada/Ist
Tim PKM Dosen Unimed foto bersama pedagang es podeng Belawan.

  • Bagikan