Dosen USU  Pengabdian Masyarakat Edukasi PTM Di Puskesmas Medan Labuhan

  • Bagikan

MEDAN(Waspada): Tim Dosen Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara  diketuai oleh Dr. dr. Juliandi Harahap, MA, dari Fakultas Kedokteran, dengan anggota Dr. Lita Sri Andayani, SKM, M.Kes,  dari  Fakultas Kesehatan  Masyarakat, dan dibantu para mahasiswa FK USU, pada tanggal 1 – 5 Agustus 2022 yang lalu telah melaksanakan kegiatan  pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan modul peer educator dalam upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) di Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) wilayah kerja Puskesmas Medan Labuhan.


Menurut,dr.Juliandi, Senin(10/10) pemilihan lokasi pengabdian masyarakat ini didasari dengan beberapa pertimbangan yaitu masih rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan penyakit tidak menular seperti penyakit DM, penyakit hipertensi, penyakit hipercholesterolemia, penyakit sendi, obesitas dan kurangnya kesadaran masyarakat serta perilaku masyarakat yang tidak secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi kesehatannya.


Menurutnya, untuk menjawab masalah tersebut, maka tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui pemanfaatan modul peer educator dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam melakukan pemeriksaan kesehatan di wilayah Puskesmas Medan Labuhan.


Kata dia, kegiatan pengabdian ini didukung penuh oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Medan yang memberikan izin pelaksanaan kegiatan di Puskesmas Medan Labuhan. Kegiatan dilakukan di Aula Puskesmas Medan Labuhan, dengan diawali pembukaan oleh Dr. Heva Julieta Sinaga, M.Kes selaku Kepala Puskesmas Medan Labuhan yang menyambut baik pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, yang tentunya akan membantu Puskesmas dalam meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pencegahan penyakit tidak menular di wilayah kerja Puskesmas Medan Labuhan. 

Pelatihan kader

Dijelaskannya, Pemberdayaan Masyarakat melalui kegiatan pelatihan kader ini menggunakan pendekatan peer educator pada 10 orang kader PTM sebagai kader ToT, dimana 10 orang kader yang sudah di ToT ini, akan melatih lagi 50 orang anggota Posbindu PTM, dan diharapkan 50 orang anggota posbindu PTM ini akan dapat mengedukasi masyarakat di lingkungan sekitarnya di wilayah kerja Puskesmas Medan Labuhan.


Sedangkan,pelatihan ToT kader PTM menggunakan 5 (lima) modul PTM yaitu; modul pencegahan penyakit DM, modul pencegahan penyakit hipertensi, modul pencegahan penyakit hipercholesterolemia, modul pencegahan penyakit sendi dan modul pencegahan obesitas.  Modul-modul tersebut dirancang secara menarik, mudah dipahami dan mudah untuk dilakukan oleh masyarakat.


“Efektifitas kegiatan ini dinilai dengan melakukan pre test sebelum implementasi modul dilakukan, dan post test setelah implementasi modul. Hasil pre test dan postest menunjukkan peningkatan yang bermakna terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan kader dalam pencegahan PTM,”ungkapnya. Menurutnya,kegiatan pelatihan ini berlangsung sangat menarik dengan diskusi yang dilakukan oleh fasilitator pelatihan dengan para kader. Banyak hal-hal yang masih meragukan tentang PTM yang dihadapi oleh kader saat melayani masyarakat pada kegiatan Posbindu PTM, ditanyakan oleh kader dan mendapatkan pencerahan dari fasilitator.


Adapun,kegiatan keterampilan meliputi pelatihan pemeriksaan kesehatan yaitu pemeriksaan kadar gula darah, periksa tekanan darah, periksa cholesterol, periksa asam urat dan periksa IMT (Indeks Massa Tubuh) untuk mendeteksi kelebihan berat badan.
Kata dia, kegiatan ini diawali dengan peragaan pemeriksaan kesehatan yang benar oleh fasilitator, selanjutnya kader diminta untuk melakukan pemeriksaan pada temannya, demikian seterusnya, sehingga semua kader mempunyai pengalaman dan keterampilan dalam pemeriksaan kesehatan PTM secara sederhana.
“Kader sangat antusias untuk dilatih melakukan pemeriksaan kesehatan menggunakan alat sederhana tersebut dan kader saling berlatih diantara mereka.
Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yang didanai oleh DRTPM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2022,”pungkasnya.(m22/rilis)

Dosen USU  Pengabdian Masyarakat Edukasi PTM Di Puskesmas Medan Labuhan

Waspada/ist
Tim Dosen Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara  diketuai oleh Dr. dr. Juliandi Harahap, MA, dari Fakultas Kedokteran bersama pihak Puskesmas Medan Labuhan poto bersama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *