FPK Sumut Saling Tukar Informasi Dengan FPK Tanjungbalai

  • Bagikan
FPK Sumut Saling Tukar Informasi Dengan FPK Tanjungbalai

MEDAN (Waspada):  Dalam rangka koordinasi dan pelaksanaan program Forum Pembauran Kebangsaaan (FPK) Provinsi Sumatera Utara  bidang dialog, bidang asprasi, bidang sosialisasi dan bidang rekomendasi berkunjung ke Kota Tanjungbalai pada 28-29 November 2023.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan FPK Sumut sesuai surat perintah tugas dari Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Sumatera Utara Nomor : 281/B/FPK/XI/2023 Tanggal 24 November 2023. Dimana FPK Sumut telah melakukan dialog kebangsaan kepada siswa/i SMA dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan universitas di Kota Medan.

Dalam kunjungan ke Kota Tanjungbalai ini rombongan FPK Sumut di terima oleh Kaban Kesbangpol diwakili Seketaris Kebangpol Sopian Pohan SH , Kabid Idiologi Harizal pasu SPD.MAp. dan staf Kesbang di kantor Kesbang kota Tanjungbalai.

Seketaris Kesbangpol Sopian Pohan  SH, pada kesempatan sangat berterima kasih atas kunjungan FPK Sumut untuk dapat saling bertukar informasi terkait Permendagri No. 34 THN 2006 terkait Forum Strategis Pembauran kebangsaan.

“Kami SDH membentuk forum ini karena menurut kami sangat membantu kami dalam perpanjangan tangan pemerintah mendukung program pemerintah dalam segala hal khususnya di kota Tanjungbalai ini yang sangat heterogen budaya suku dan sebagainya,” ungkapnya.

Dengan adanya FPK ini sesuai tupoksinya yaitu melalukan dialog-diolag antar tokoh-tokoh masyarakat dari lintas suku, mensosalisakan hal- hal program pemerintah, menampung aspirasi dari masyarakat tokoh- tokoh lintas etnis dan merekommedasikan kepada pemangku kebijakan .

“Terkait anggaran kami masih sangat minim karena keterbatasan mudah-mudahan tahun depan kami akan menambah anggaran ke forum-forum strategis termasuk FPK,” ujarnya.

Sementara itu Drs Zakaria Lapau tokoh sekaligus angota FPK Sumatera Utara mengatakan bahwa sudah menjadi tangjawab kita bersama berbangsa dan bernegara untuk menjadikan bangsa kita besar berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang moderan dan serba di gital ini.

Dengan tidak meninggalkankan nilai-nilai adat istiadat kultur budaya suku dan keberagaman lainnya yang sudah tertanam sejak negara ini di lahirkan dengan pola hidup saling melengkapi saling gotong royong , saling tolong menolong satu sama lain.

Hal ini di sampaikan Drs Zakaria Lapau tokoh sekaligus angota FPK Sumatera Utara dalam kunjungan ke FPK dan Kesbangpol kota Tanjungbalai belum lama ini. Turut serta dalam kunjungan tersebut angota FPK Sumut lainnya seperti Drs IGD.Pastika M.HA.dan Johan tjongiran SE.

Dia juga menjelaskan sebelumnya FPK Sumut telah melakukan dialog kebangsaan kepada siswa/i SMA di sekolah SMA Darmawangsa dengan mengikutsertakan beberapa siswa/i SMA yang berasal dari beberapa sekolah – sekolah SMA yang ada di kota Medan.

Selanjutnya melakukan MoU tentang kebangsaan bersama dengan UNIMED yang dihadiri oleh seluruh anggota FPK Provsu, Mahasiswa UNIMED dan mahasiswa/i yang berasal dari beberapa Universitas di Kota Medan dan juga dihadiri oleh tokoh- tokoh masyarakat Medan.

Kemudian melakukan dialog kebangsaan dengan mahasiswa/i yang berasal dari beberapa Universitas yang ada di Kota Medan dan melakukan kunjungan ke kantor Kesbangpol ke beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Utara antara lain  Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai, Kota Siantar dan Kabupaten Batu Bara, melaksanakan saling bertukar informasi antara FPK Provsu dan FPK Kota Tanjung Balai. (h02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *