Guru Memiliki Peran Penting Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

  • Bagikan
KABID Pakis Kemenag Sumut dan Kepala MAN 2 Model Medan foto bersama para guru usai melaksanakan upacara hari guru di lapangan utama MAN 2 Model Medan, Sabtu (25/11). Waspada/Andi Aria Tirtayasa
KABID Pakis Kemenag Sumut dan Kepala MAN 2 Model Medan foto bersama para guru usai melaksanakan upacara hari guru di lapangan utama MAN 2 Model Medan, Sabtu (25/11). Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Kepala Bidang Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Dr H Muksin Batubara MPd menegaskan, guru memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, asesmen komprehensif, penjaminan mutu, dan tata kelola pendidikan.

“Sebab, pendidikan juga memiliki kapasitas untuk mentransformasi anak didik menjadi manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, tetapi juga kepribadian yang kuat, kreativitas yang berkembang, dan moralitas yang terpuji,” ujar Dr. H. Muksin Batubara, M.Pd Kepala Bidang Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara selaku Pembina Upacara saat pelaksanaan Upacara Hari guru di MAN 2 Model Medan pada Sabtu, (25/11/2023).

Muksin melanjutkan, Kita saat ini sedang berusaha bersama menyongsong lndonesia Emas 2045. Bonus demografi di depan mata. lndonesia panen generasi produktif di era transformasi digital. Tentu para guru berperan penting dalam ikut membentuk mereka menjadi pribadi hebat dan berkarakter di era transformasi digital. “Tema Hari Guru Nasional tahun 2023, “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar,”  mencerminkan potret guru yang transformatif. Kementerian Agama telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital.

Kementerian Agama juga berkomtimen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru,” kata Muksin.

Sementara itu Kepala MAN 2 Model Medan Wuri Tamtama Abdi, S.PdI, M.Pd mengucapkan ungkapan terima kasih kepada Kabid Pakis Kemenag Sumut Muksin Batu Bara yang telah berkenan menjadi pembina upacara di hari Hut guru ke 78.

Selain itu ungkapan terima kasih yang tak terhingga kepada guru-guru hebat MAN 2 Model Medan yang telah berdedikasi dan memiliki jiwa sabar dan ikhlas dalam mencerdaskan pendidikan dan kehidupan bangsa.

Wuri menambahkan dalam memeriahkan hari guru, MAN 2 telah memulainya dengan beragam kegiatan perlombaan antar guru diantaranya yaitu lomba pembacaan ikrar guru, lomba volksong, lomba futsal dan lain-lain. Perlombaan ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada guru agar dapat menikmati hari guru dengan khidmat, bahagia dan menyenangkan.

“Usai melaksanakan upacara peringatan hari guru, Kepala MAN 2 memotong nasi tumpeng sebagai wadah simbolis kekeluargaan di MAN 2 yang kemudian disulangkan kepada beberapa guru secara simbolis, usai acara pemotongan tumpeng para guru menampilkan kemampuannya dalam bidang seni, berupa tarian daerah yang ditampilkan serta diiringi dengan nyanyian dan lagu mendidik.,” tutur Wuri.(m27)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *