HNSI Medan Beri Sembako Dan Tali Asih Kepada Ratusan Nelayan Medan Utara

  • Bagikan
HNSI Medan Beri Sembako Dan Tali Asih Kepada Ratusan Nelayan Medan Utara

BELAWAN (Waspada): Pengurus DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Medan memberikan 373 paket sembako dan dana tali asih kepada 373 nelayan pesisir Medan Utara di kantor sekretariat DPC HNSI Medan Jl. Deli No 1-A Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan, Rabu (31/1).

Ketua DPC HNSI Kota Medan yang diketuai Rahman Grafiqi SH menyebutkan, pemberian paket sembako dan dana tali asih untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) solar tersebut sebagai wujud kepedulian HNSI kepada masyarakat nelayan karena banyak nelayan kecil kesusahan dalam hal mencari nafkah di laut, terutama para Nelayan kapal di bawah 5 GT.

Apalagi, tambah Rahman, di perairan laut sekitar Belawan sudah sulit mencari ikan akibat dampak pencemaran limbah, banyaknya sampah, rusaknya biota laut diakibatkan hilangnya hutan mangrove di sekitar pesisir pantai.

“Untuk itulah, DPC HNSI Kota Medan peduli nasib para nelayan dengan mengambil inisiatif dibantu oleh pengusaha yang berbaik hati memberikan tali asih dimana tali asih itu diperuntukan bagi nelayan kecil yang sudah mencari nafkah di laut”, ujar Rahman didampingi sekretaris M Rian SKom dan bendahara Emil Kesumadi Wijaya.

Dijelaskan Rahman, ada 373 nelayan tradisional yang didata sekaligus menerima bantuan khususnya bagi nelayan yang mencari nafkah di sekitar 1 mil hingga 2 mil dari bibir pantai sesuai dengan alat tangkapnya, karena sesungguhnya para nelayan ini merupakan Pahlawan Gizi dan banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Selain itu, tambah Rahman, permasalahan yang dihadapi para nelayan berskala kecil yakni kapal 5 GT ke bawah sulitnya mendapatkan minyak solar bersubsidi.

“Saat ini, solar bersubsidi masih dikuasai oleh mafia hitam dan HNSI Kota Medan akan berupaya mencari solusinya agar nelayan berskala kecil mudah mendapatkan solar bersubsidi,” tegas Rahman yang juga mendirikan Kantor Hukum 571 yang siap memberikan bantuan hukum kepada para nelayan di pesisir Medan Utara.

Hadir dalam acara bakti sosial dan pembagian Sembako dan Uang Beli BBM tersebut, Wakil Ketua DPD HNSI Sumut Nazli,SH, Ketua DPC HNSI Batubara M Rinanda dan perwakilan pengusaha yang membantu kegiatan bakti sosial tersebut.

Seorang nelayan bernama Juliadi warga Kelurahan Nelayan Indah mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPC HNSI Kota Medan Rahman Gafiqi yang telah memberikan Paket sembako ditambah lagi uang untuk beli BBM kepada kami dengan rasa haru dan bangga.

“Semoga kegiatan peduli nelayan ini bisa berkelanjutan,” harap Juliadi.(m27)

Waspada/Andi Aria Tirtayasa

Ketua DPC HNSI Kota Medan Rahman Gafiqi SH menyerahkan paket sembako dan uang untuk membeli solar bersubsidi kepada 373 nelayan tradisional dan berskala kecil di sekretariat DPC HNSI Kota Medan Jl. Deli No1-A Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan, Rabu (31/1).

  • Bagikan