IPHI Sumut Ikut Berpartisipasi Dalam Meningkatkan Kualitas Umat

  • Bagikan
IPHI Sumut Ikut Berpartisipasi Dalam Meningkatkan Kualitas Umat

MEDAN (Waspada): Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) memiliki peran strategis dalam pembinaan dan pemberdayaan umat, serta ikut berpartisipasi aktif dalam membangun umat baik lewat kegiatan sosial, pendidikan maupun ekonomi.

Setidaknya, ada tiga peran dan fungsi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), pertama sebagai wahana penghimpun potensi para haji Indonesia, penyerap dan penyalur aspirasi umat. Kedua, sebagai organisasi kemasyarakatan yang turut serta menyukseskan program pembangunan bangsa dan ketiga adalah sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyah sesama umat.

Demikian dikatakan Ketua IPHI Sumut Drs H Rahudman Harahap MM saat melaksanakan safari subuh IPHI Sumut di Masjid Al Mu’awwanah Jl. Surya Aji Lau Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Rabu (31/1/2024).

H Rahudman Harahap yang didampingi Ketua IPHI Kota Medan Drs H Sangkot Saragih MAg, lebih jauh mengatakan bahwa masih banyak persoalan yang dihadapi umat Islam saat ini, mulai dari kemiskinan, kebodohan dan bahkan keterbelakangan.

Untuk itu, IPHI perlu ikut berpartisipasi aktif untuk mengatasinya. Sebab, pengurus dan anggota IPHI pada umumnya adalah golongan mampu, memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan memiliki kelebihan dibanding umat muslim pada umumnya.

Pada kesempatan ini, H Rahudman Harahap pun mensosialisasikan berbagai program IPHI Sumut dibidang keagamaan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan ekonomi umat.

Dikatakan Rahudman, IPHI Sumut juga siap bersinergi dengan berbagai pihak dalam memberdayakan para haji untuk melestarikan kemabruran hajinya agar menjadi teladan, panutan dan pilar peningkatan kualitas umat dan masyarakat.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan kemampuan calon haji (calhaj) sebelum berangkat ke tanah suci, IPHI Sumut juga siap melakukan bimbingan dalam kegiatan manasik, baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten/kota serta memberikan pengetahuan tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik yang bersifat teori maupun praktik.

Pada kegiatan safari subuh IPHI Sumut ini, juga diisi dengan tausiah agama yang disampaikan oleh Ketua IPHI Kota Medan Drs H Sangkot Saragih MAg, serta pembacaan tahmid yang diikuti seluruh jamaah salat subuh. (hs)

  • Bagikan