IPQAH Medan Beri Pelatihan Imam Masjid dan Mushalla di Kecamatan Medan Tuntungan dan Medan Selayang

  • Bagikan
IPQAH Medan Beri Pelatihan Imam Masjid dan Mushalla di Kecamatan Medan Tuntungan dan Medan Selayang

MEDAN (Waspada): Ikatan Persaudaraan Qari-qariah dan Hafizh-hafizah (IPQAH) Kota Medan beri pelatihan Tahsin Quran kepada imam Masjid dan Mushalla di Kecamatan Medan Tuntungan dan Medan Selayang selama enam hari, 21 November 2023-27 November 2023 di Masjid Iklab Jln. Jamin Ginting Medan.

Acara pembukaan dimulai dengan pembacaan ayat Al Quran oleh H. Ahmad Muhajir dan dilanjutkan laporan Ketua panitia acara Dr. H. Muhammad Basri, MA serta doa dibawakan Drs. H. Sangkot Nasution. Setelah acara pembukaan dilanjutkan penyampai materi seputar Tajwid Alquran yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mustafa Kamal Rokan, MH.

Ketua IPQAH Kota Medan Drs. H. Syarifudin Hazmi Lubis, mengatakan, IPQAH Kota Medan sering melaksanakan kegiatan tahsinul Quran dan ini memang bagian tugas dan fungsi IPQAH Kota Medan. Apalagi sekitar 70 % pengurus IPQAH Kota Medan berprofesi Qari dan 30 dari hafiz dan lainnya seperti kaligrafi.

“Pelatihan ini kita harapkan agar para imam yang memimpin shalat berjamaah di Masjid atau Mushalla di Kota medan lebih bagus bacaan Al Quran nya,” ucap Syarifudin.

Ketua BKM Masjid Iklab mengatakan rasa syukurnya Masjid Iklab dijadikan tempat pelatihan imam Masjid didua kecamatan.
“Semoga menjadi amal jariah bagi pendiri Masjid ini,” katanya.

Dijelaskannya, pendiri-pendiri awal Masjid Iklab sudah banyak berpulang ke Rahmatullah dan Masjid merupakan tempat berkumpulnya masyarakat Labuhan Batu yang tinggal di Medan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan seperti maulid nabi Muhammad, manasik haji dan lain-lain.

Sementara Kabid Kesbangpol Kota Medan, Arbani Harahap, menyatakan IPQAH Kota Medan mempunyai banyak potensi yang sangat kompetensi dalam memberikan pencerahan Alquran kepada masyarakat.
Untuk itu kepada peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya, agar imam yang dilatih menjadi lebih baik bacaannya.
“Pemko Kota sangat mendukung kegiatan yang sangat positif ini dan siap mendukung kegiatan seperti ini untuk masa yang akan datang,” tuturnya. (h01)

Teks
IPQAH Medan Beri Pelatihan Imam Masjid dan Mushalla di Kecamatan Medan Tuntungan dan Medan Selayang, 21-27 November 2023. Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *