IPQAH Sumut Bekerjasama Kemenag dan SCTV Gelar Audisi Qori’ Cilik Indonesia

  • Bagikan
IPQAH Sumut Bekerjasama Kemenag dan SCTV Gelar Audisi Qori' Cilik Indonesia

MEDAN (Waspada): Ikatan Persaudaraan Qari-qariah dan Hafizh-hafizhah (IPQAH) Sumatera Utara bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI dan SCTV menggelar audisi Qori’ Cilik Indonesia Season 3, Minggu (25/2) di gedung BPMP Provinsi Sumut Jln. Bunga Raya Asam Kumbang Medan Selayang.

Kegiatan yang diikuti 53 peserta dari perwakilan Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara (Sumut), dibuka oleh Kasubdit MTQ Kemenag RI, Rijal Ahmad Rangkuti. MA, yang juga dihadiri Kepala Ipqah Sumut, Dr Asren Nasution, MA, Ketua Panitia Audisi Prof. Dr. Nawir Yuslem, MA dan Kepala Spesial Program dan Current Affair SCTV, Mauludin Anwar.

Dijelaskan Prof Nawir, audisi Qori’ Cilik ini sudah seasion ketiga dan baru kali diselenggarakan di Kota Medan, dengan sebelumnya telah dilaksanakan acara yang sama di Surabaya.

“Baru season ketiga ini, Kota Medan jadi tuan rumah. Kita melaksanakan audisi Qori’ ini untuk mencari bakat-bakat Qori’ cilik dengan maksimum usia 12 tahun. Alhamdulillah pendaftaran kemarin ada 91 orang yang mendaftar ke SCTV dan telah diseleksi ada 53 peserta yang ikut audisi hari ini,” ujarnya.

Dari audisi Qori’ cilik season 3 di Kota Medan, menurut Prof Nawir, dari 53 peserta yang telah ikut audisi diperoleh enam pemenang yakni untuk pemenang putra juara 1 Haffa Fattirahim, Juara 2 Rifqi Pratama Zen dan Juara 3 Aidil Rahman. Pemenang Qori’ putri Humaira Az Zahra Asri Lubis juara 1, Adiba Fathia Rizky juara kedua dan Juara 3 Alvia Simbolon.

“Alhamdulillah sudah dapat pemenangnya dan akan tanding secara nasional pada April 2024 di Jakarta. Sebelumnya juga ads 6 orang pemenang dari Surabaya serta 40 peserta terpilih yang diseleksi secara online,” paparnya.

Ditambahkan Asren Nasution, dengan kemampuan pemenang audisi Qori’ membuat ia optimis peserta dari Sumatera Utara akan meraih juara pertama di audisi secara nasional. “Tahun lalu kita juara 2. Dan InsyaAllah kita bisa meraih juara pertama ditahun ini melihat kemampuan peserta yang memang sangat bagus-bagus,” ucapnya.

Menurut Asren, audisi Qori’ cilik ininmerupakan langkah strategis dalam mencetak generasi qori’ yang handal dan membudayakan kecintaan pada membaca serta kedalaman makna dalam Al-Qur’an.

“Kami bersyukur audisi ini berlangsung di Kota Surabaya, memberikan kesempatan kepada anak-anak dari berbagai daerah untuk menyalurkan bakat mereka. Karena peserta ini usia dibawah 12 tahun dan asli dari kampung-kampung yang memang memiliki bibit-bibit terbaik. Semangat audisi ini diharapkan dapat terus menginspirasi para generasi muda untuk mencintai dan menghafal Al-Qur’an,” tutur Asren. (h01)

Teks
IPQAH Sumut dan tim SCTV group diacara audisi Qari Cilik Season 3 di
di gedung BPMP Provinsi Sumut Jln. Bunga Raya Asam Kumbang Medan Selayang, Minggu (25/2). Waspada/Yuni Naibaho

  • Bagikan