Ir.Baharuddin Berutu:  Keberagaman Suku Agama Anugerah Yang Harus Dipelihara

  • Bagikan
Ir.Baharuddin Berutu:  Keberagaman Suku Agama Anugerah Yang Harus Dipelihara

MEDAN (Waspada): Keberagaman suku dan agama merupakan anugerah yang harus dipelihara dan di kembangkan. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Forum Pembaharuan Kebangsaan (FPK) Sumut Ir. Baharuddin Berutu saat melakukan kunjungan di Kabupaten Deliserdang, Kamis (7/12).

Wakil Ketua FPK Sumut Ir. Baharuddin Berutu di dampingi H.Juliswan Damanik SH.dan Sahala Tua Hutagalung mengatakan, selama satu bulan terakhir FPK Sumut telah melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

Menurutnya kunjungan yang dilakukan FPK Sumut tersebut termasuk ke Kabupaten Deliserdang merupakan rangkaian dari kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan yang bertujuan untuk menggelorakan semangat dan terus meningkatkan peran serta seluruh komponen lapisan masyarakat dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa serta cinta Bangsa Indonesia.

“Tugas FPK adalah antara lain menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku, dan masyarakat, menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan dan sosialisasi karena kedepan akan ada perhelatan Pemilu dan Pilkada,” ujarnya.

Dia mengatakan Kabupaten Deliserdang merupakan pintu masuk menuju kota Medan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Utara yang memiliki masyarakat yang heterogen  dengan jumlah penduduk hampir 2 juta jiwa terdiri dari 21 kecamatan.

“Deli Serdang merupakan mini aturnya Indonesia semua suku, agama ada di Kabupaten Deliserdang dimana selama ini kerukunan beragama berjalan dengan baik begitu sehingga telah tertanam rasa memiliki saling menghargai di antar sesama suku,” ujarnya.

Dalam kunjungan FPK Sumut tersebut diterima Kaban Kesbangpol Kabupaten Deliserdang Drs Zainal Abidin Hutagalung MAp, Sekretaris Surya Abadi Muda S.Sos dan Kabit Diologi Sumiati dan Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Deliserdang di kantor Kesbangpol Kabupaten Deliserdang.

Kaban Kesbangpol Kabupaten Deliserdang mengatakan keberadaan FPK sangat membantu pemerintah dalam hal ini Kesbangpol untuk menjaga Deliserdang tetap kondusif. Pihaknya sangat berterima kasih atas kehadiran FPK Sumut untuk saling tukar informasikan kegiatan dan visi misi FPK .

H.Juliswan Damanik SH anggota FPK Sumut mengatakan bahwa FPK Kabupaten Deliserdang telah terbentuk sesuai dengan hasil musyawarah tokoh-tokoh, Suku atau Enis yang ada di Deliserdang.

“Kehadiran FPK ini sangat penting dalam kegiatan kegiatan kemasyarakat  menciptakan pembauran sesuai dengan pandangan Pancasila dan bhineka tunggal Ika sebagai perwujudan dari nilai-nilai wawasan kebangsaan,” ujarnya. (h02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *