Irjen Pol. Panca Putra Dinilai Memberi Kesan Positif Selama Menjabat Kapoldasu

  • Bagikan
Irjen Pol. Panca Putra Dinilai Memberi Kesan Positif Selama Menjabat Kapoldasu

MEDAN (Waspada):: Irjen Pol. Panca Putra Simanjuntak, M.Si dinilai telah memberi kesan positif selama menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara. Selama kepemimpinannya telah menunjukkan tanggung jawab sebagai pucuk pimpinan di daerah ini dalam mengemban tugas yang diamanahi padanya.

“Secara umum kesan yang tertinggal selama kepemimpinan Irjen Panca Putra sebagai Kapolda Sumut adalah positif. Jajaran Polri di wilayah hukum Sumatera Utara dalam komandonya terlihat terus berbenah melakukan berbagai perbaikan,” sebut Dr Dedi Sahputra, MA dosen Fisipol Universitas Medan Area (UMA), Rabu (19/7).

Sebelumnya diberitakan bahwa peringatan hari Bhayangkara ke-77 di Mapolda Sumut, Sabtu (1/7) menjadi kenangan tersendiri bagi Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak Msi. Irjen Panca dalam waktu dekat sudah akan beranjak meninggalkan Mapolda Sumut pasca mutasi menjadi Pati Lemdiklat Polri (Persiapan Penugasan Luar Struktur).

Pada momen ini juga, Irjen Panca Simanjuntak menyampaikan terimakasih sedalam-dalamnya dan pamit kepada Warga Sumatera Utara. Dua tahun menjabat Kapolda Sumut, Irjen Panca banyak diperhadapkan dengan tantangan. Disampig itu, Kapolda Sumut juga diketahui memiliki prestasi yang banyak.

Irjen Panca paling dikenal memberantas mafia judi online kelas kakap Apin BK, kemudian kasus-kasus kriminal berskala besar lainnya mencakup begal, narkoba, mengungkap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), berantas geng motor hingga melakukan kegiatan kemanusiaan lainnya.

Dalam pidatonya, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak Msi menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga Sumut, terlebih pihak-pihak yang mendukung kinerja Polda Sumut dan jajaran selama ini. “Terimakasih atas kolaborasi seluruh pihak dan dukungan masyarakat yang diberikan selama ini untuk mewujudkan Polda Sumut Presisi dan melayani,”ujar Irjen Panca.

Lebih jauh, Irjen Panca menyampaikan Polda Sumut berkomitmen untuk terus melayani masyarakat sepenuh hati dan menjaga pertumbuhan ekonomi serta pembangunan di Sumut. Tak lupa, ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada Warga Sumut atas perilaku dan tindakan oknum polisi yang belum mencerminkan sikap Polri. “Mohon maaf saya apabila selama ini masih ada tindakan dan perilaku Polri yang belum mecerminkan sikap Polri yg melayani dengan tulus,”ucap Irjen Panca.

Irjen Panca pada Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 juga berterima kasih kepada seluruh personel Polri khususnya jajaran Polda Sumatera Utara yang telah bekerja maksimal dalam memelihara kamtibmas. “Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas kerja keras, pengabdian dan pengorbanan tanpa pernah mengenal lelah, yang di tunjukkan personil Polda Sumut dan jajaran dalam memelihara Kamtibmas, melaksanakan penegakan hukum, serta melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol Panca.

Irjen Panca juga menyampaikan beberapa intruksi dan pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada personil Polda Sumut dan jajaran. “Terus tingkatkan kualitas SDM Polri guna menghadapi tantangan tugas dan mendukung Indonesia emas 2045, Strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis, Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, Tingkatkan Profesionalisme dalam penegakan hukum, Perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, dan instansi lainnya, Pelajari dan dalami segala konflik Kerawanan dan ancaman, dan Dukung dan kawal setiap kebijakan pemerintah,”ujar Irjen Panca.

Irjen Panca berharap, upacara ini menjadi manifestasi rasa syukur dan apresiasi atas pengabdian Polda Sumut dan Polres jajaran di hari jadi yang ke-77. ia juga berpesan agar seluruh anggota Polda Sumut dan Polres jajaran serta masyarakat tetap menjaga harmoni dan berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban Wilayah Kabupaten Simalungun.

Selain itu, Panca menyampaikan rasa terimakasi kepada masyarakat Sumut yang telah berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Saya berterima kasih kepada seluruh anggota dan masyarakat atas kerjasama selama ini. Dan kebersamaan yang baik antara kepolisian dengan masyarakat adalah kunci utama dalam menciptakan situasi aman dan kondusif,” ujarnya.

Irjen Panca berharap, anggota Polda Sumut dan Polres jakean bisa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan perlindungan yang maksimal. “Saya berharap, dengan momentum hari Bhayangkara ini, kita bisa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat.

Terpantau, atraksi terjun payung memeriahkan acara puncak peringatan Hari Bhayangkara 77 yang digelar Polda Sumut di Lapangan Bola, Mapoldasu. Sebanyak lima personel dari Sat Brimob Polda Sumut dengan menggunakan helikopter melaksanakan aksi terjung payung. Dua dari 5 personel turut membawa Bendera Polda Sumut dan HUT Bhayangkara Polda Sumut.

Atraksi terjun payung yang dilaksanakan personel itu pun mendapat antisusias dari para tamu undangan Hari Bhayangkara serta para pejabat lainnya. Setelah mendarat di Lapangan Bola Mapolda Sumut kelima penerjun payung itu langsung disambut Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel A Chardin, Gubernur Edy Rahmayadi. (m05)

Teks;
Suasana Hari Bhayangkara yang penuh keakraban antara Kapoldasu dan Pangdam I/BB.

  • Bagikan