Jambore Kader Dasawisma Meriah, Bobby Nasution: Garda Terdepan Wujudkan Keluarga Sejahtera

  • Bagikan

Medan (Waspada): Jambore Kader Dasawisma Kota Medan Tahun 2023 berlangsung meriah di Hotel Santika Dyandra Medan, Senin (13/11) malam. Tidak hanya kader TP PKK tingkat kota, kecamatan dan kelurahan, kegiatan yang bertujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan, persaudaraan dan persahabatan serta ketrampilan ini juga diikuti seluruh kader dasawisma se-Kota Medan.

Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution yang hadir bersama Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Kota Medan Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan serta unsur pengurus TP PKK Kota Medan juga ikut serta menikmati acara yang berlangsung dengan penuh keakraban tersebut.

Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan & Kesra Setda Kota Medan HM Sofyan mengatakan, kader dasawisma merupakan kelompok terkecil dari bagian PKK yang keberadaannya sangat strategis untuk mewujudkan keluarga Kota Medan yang sejahtera.

Dikatakannya, dasawisma merupakan garda terdepan dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan keluarga. Terkhusus, dalam implementasi 10 Program Pokok PKK dengan program Pemerintah hingga sampai ke seluruh keluarga di Kota Medan. 

“Kesejahteraan keluarga tentu harus menjadi perhatian utama kita saat ini sebagai penggerak keluarga,” kata Sofyan.

Disadari, ungkap Sofyan, guna menyukseskan pembangunan di Kota Medan membutuhkan kerjasama dari para kader TP PKK Kota Medan dan juga kader dasawisma. Salah satunya, imbuhnya, upaya mengatasi permasalahan stunting di Kota Medan.

“Dalam hal ini tugas dan fungsi para kader dasawisma  menjadi garda terdepan untuk memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan ini, khususnya untuk kelompok keluarga,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Kota Medan Ny Irina Sutan Tolang selaku Ketua Panitia menyampaikan, tujuan diadakannya jambore ini untuk menambah wawasan, pengetahuan, persaudaraan dan persahabatan sekaligus untuk meningkatkan keterampilan dalam membangun rasa kebersamaan.

“Selain itu juga untuk saling bertukar informasi dan menjalin silaturahmi, terutama para koordinator kelompok yang bersentuhan langsung dengan sasaran PKK yaitu keluarga. Jambore ini digelar 13 – 14 November,” papar Ny Irina.

Selanjutnya, jambore dimeriahkan dengan pemberian hadiah oleh Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu kepada para pemenang lomba. Untuk lomba puisi dengan tema Pahlawan, Kecamatan Medan Sunggal sebagai juara I, Medan Area (juara II) dan Medan Helvetia (juara III).

Kemudian, pemenang lomba Menyanyi dengan tema Pahlawan yakni Kecamatan Medan Timur (juara I), Medan Marelan (juara II) dan  Medan Amplas (juara III). Untuk lomba Bercerita dengan tema Keberhasilan Mengatasi Stunting, juara I Kecamatan Medan Kota,  Medan Timur (juara II) dan Medan Marelan (juara III). Sedangkan lomba Yel-Yel Jambore Kader Dasawisma, juara I Kecamatan Medan Baru,  Medan Amplas (juara II) dan Medan Area (juara III).

Selain itu, Ny Kahiyang juga menyerahkan penghargaan kepada kader yang telah mengabdi selama 10 – 15 Tahun yakni Ketua Poksus UP2K PKK Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli Ny Misrani; Kader Posyandu Kelurahan Namo Gajah,  Kecamatan Medan Tuntungan Ny Risma Sembiring; Kader Posyandu Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang Ny Eneng Pujiati; Ketua Pokja I Kelurahan Sei Kera Hulu,  Kecamatan Medan Perjuangan Ny Hamidah dan Sekretaris Pokja III Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan Ny Mariatul Kibtiah. (Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *