Jelang Idul Fitri 1445 H, 6000 Ekor Sapi Australia Tiba Di Belawan

  • Bagikan
Jelang Idul Fitri 1445 H, 6000 Ekor Sapi Australia Tiba Di Belawan

BELAWAN (Waspada): Selama Maret 2024 ini, 6000 ekor Sapi dari Australia tiba di Pelabuhan Internasional Belawan. Sapi yang didatangkan dari luar negeri tersebut dapat menjaga stok daging sapi selama Ramadhan dan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Sumatera Utara.

Selasa (26/3), sebanyak 2.393 ekor sapi impor asal Australia ini, tiba di dermaga Pelabuhan Belawan diangkut mengunakan Kapal Brahman Expres.

Seluruh sapi yang langsung dibongkar dengan sistem truck lossing dari atas kapal pengangkut hewan ke dalam truk yang sudah dimodifikasi khusus angkut sapi.

Sebelum dilakukan pembongkaran di dermaga milik PT Pelindo selaku penyedia jasa kepelabuhanan, petugas Bea Cukai dan Karantina Hewan memeriksa kelengkapan surat kepabeanan dan seluruh kondisi kesehatan hewan yang diangkut mengunakan jasa angkutan laut,nantinya akan dibawa ke sejumlah wilayah di Sumatera Utara seperti Langkat dan Deli Serdang untuk dilakukan proses pengemukan.

Humas PT Pelindo Multi Terminal, Farid Chairmawan mengatakan, tahap pertama pembongkaran sapi impor asal Australia sebanyak 2.393 ekor sapi dan akan kembali lagi dua kapal membawa sapi akan selesai pada April,sengaja dipesan oleh salah satu perusahaan,dapat menjaga kestabilan harga daging sapi,yang saat ini konsumsi daging diprediksi meningkat menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Nantinya seluruh sapi yang akan di karantina selama sepuluh hari ini,akan didistribusikan ke sejumlah kota di Sumatera Utara dapat menjaga stok dan harga daging sapi,” ujar Farid.(m27)

Waspada/Andi Aria Tirtayasa

Sapi-sapi diturunkan dari kapal menuju masuk ke truk-truk pengangkut sapi di Pelabuhan Belawan, Selasa (26/3) guna persediaan selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 H.

  • Bagikan