Juli 2024 Seluruh Rumah Sakit Harus Terintegrasi di Platform SATUSEHAT

  • Bagikan
Juli 2024 Seluruh Rumah Sakit Harus Terintegrasi di Platform SATUSEHAT

MEDAN (Waspada): Hingga Juli 2024 seluruh rumah sakit di Indonesia harus sudah terintegrasi di platform SATUSEHAT. Untuk itu, Ketua Persi Sumut, dr Syaiful M Sitompul kepada Media pada Rabu (24/1) mengatakan terus mendorong rumah sakit di Sumut agar segera terhubung dengan platform ini.

“Di Sumut itu dari 208 rumah sakit, hanya 46 yang sudah terintegrasi dengan platform SATUSEHAT padahal ini penting sekali menurut saya. Rumah sakit bisa lebih hemat, lebih cepat dan juga memudahkan untuk menginput data, rekam medis terdokumentasi dengan baik, proses rujukan tidak berbelit, mengurangi banyaknya aplikasi, meningkatkan respon pemerintah,” katanya.

Di Sumut sendiri kendala yang dialami rumah sakit mengapa belum terintegrasi dengan SATUSEHAT diantaranya kurangnya SDM, fasilitas, dan jaringan internet.

“Saya kira harus sanggup rumah sakit mengikuti ini karena syaratnya hanya SDM yang bisa IT, jaringan internet, dan kemauan pemilik rumah sakit,” ujarnya.

Ia mencontohkan bahwa sekelas rumah sakit angkatan udara kelas D saja sudah terhubung ke SATUSEHAT tapi ada rs besar belum terhubung, jadi menurutnya faktor kemauan pemilik atau pengelola rumah sakit juga menjadi penentu.

Ia juga membeberkan jika tidak terintegrasi hingga Juli 2024 ini saksinya rekomendasi pencabutan status akreditasi akan diberlakukan bagi fasilitas pelayanan kesehatan yang tidak menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME) sama sekali,

“Di samping sanksi administratif, Kementerian Kesehatan juga memiliki kewenangan untuk meminta pengenaan sanksi berupa pencabutan perizinan berusaha kepada lembaga yang berwenang. Dalam era digital ini, kepatuhan terhadap regulasi seperti Rekam Medis Elektronik (RME) menjadi kunci untuk keberlanjutan dan kemajuan. Dengan pemahaman yang mendalam, langkah-langkah konkret, dan investasi yang tepat, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dapat tidak hanya mematuhi ketentuan, tetapi juga mengoptimalkan layanan kesehatan mereka. Sebagai mitra Anda, kami berkomitmen untuk mendukung perjalanan menuju keunggulan dalam pelayanan kesehatan melalui implementasi RME yang efektif. Jangan biarkan sanksi menghambat potensi Anda, mari bersama-sama menjaga masa depan kesehatan yang lebih baik.(cbud)

Teks: Ketua Persi Sumut, dr Syaiful M Sitompul

  • Bagikan