Kasus Covid-19 Meningkat Di Sumut, RSUPH Adam Malik Rawat 5 Pasien Positif

  • Bagikan
Kasus Covid-19 Meningkat Di Sumut, RSUPH Adam Malik Rawat 5 Pasien Positif

MEDAN (Waspada): Kasus Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) mengalami peningkatan belakangan ini. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes menjelaskan pihaknya terus mencatat kasus Covid-19.

Namun jika biasanya Covid-19 di Sumut hanya 4 atau 5 kasus, sekarang meningkat hingga 31 kasus aktif. Sebutnya peningkatan terjadi sejak 2 hari lalu.

‘Kalau gejalanya sampai saat ini masih ringan, yang 31 kasus ini penderitanya pun melakukan isolasi mandiri tetapi di Jakarta ada yang fatal sampai masuk ICU jadi kemungkinan untuk fatal itu ada. Jadi tidak semua ringan. Jadi tetap semuanya menjaga diri. Kalau terasa kena sebaiknya periksa langsung,” jelasnya pada Jumat, (22/12)

Sesuai catatannya, 31 kasus Covid-19 itu rinciannya terdapat 22 kasus di Medan, 2 di Tebing Tinggi, 2 di Deliserdang, 1 di labuhan Batu, 1 di Serdang Bedagai, 1 di Pematang Siantar, dan 1 kasus di Batubara. Dari usianya mulai usia 18 sampai diatas 60 tahun.

“Dari pemeriksaan kemarin positif 11 orang. Belum darurat tapi Waspada,” kata Alwi Mujahit.

Sementara itu, RSUPH Adam Malik Sejak awal Desember sudah merawat pasien covid-19 bahkan sampai saat ini ada 13 yang dirawat.

“Tentu masuknya tidak sekaligus tetapi satu-satu. Saat ini kitapun ada merawat 6 orang di ruangan, 5 diantaranya positif dan 1 masih suspec menunggu hasil PCR,” ungkap Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) pada Jumat (22/12).

Katanya, saat ini masyarakat sudah peduli vaksin hanya saja ada juga yang belum lengkap seperti boosternya hanya 1 kali sementara untuk imunitas tegasnya bagusnya harus 2 kali vaksin booster.

“Sesuai dengan himbauan pemerintah kemarin kita diwajibkan untuk menyediakan vaksin dan booster kembali bagi orang yang belum lengkap. Kita sudah berkoordinasi dengan Dinkes Sumut mungkin dalam waktu dekat akan menyediakan kembali vaksinasi di RSUPH Adam Malik seperti sebelumnya kita akan buka setiap hari. Dalam waktu dekat akan kita kabarkan di website kita,”akunya.

Terkait kondisi para pasien covid-19 yang dirawat katanya kebanyakan pasien rata-rata ada komorbitnya,seperti diabetes, dan paru.

“Kepada masyarakat ada dua hal yang akan saya sampaikan pertama jika memiliki komorbit yang banyak di situasi libur ini agar memproteksi diri seperti menggunakan masker ketika melakukan kunjungan di suasana ramai atau malah berkunjung ke luar negeri.

Kedua kalau memang vaksinnya belum lengkap kami anjurkan segera melakukan vaksinasi,” terangnya. (Cbud)

Teks

Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K). Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *