KBIHU Al Adliyah Adakan Simulasi Peragaan Manasik Haji

  • Bagikan
KBIHU Al Adliyah Adakan Simulasi Peragaan Manasik Haji

MEDAN (Waspada): Sekitar 190-an calon jamaah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah ( KBIHU ) Al Adliyah Medan selesai mengikuti Simulasi Bimbingan Manasik Haji dan umrah di Asrama Haji Pangkalan Mahsyur Medan, Selasa (5/3).

Kegiatan simulasi peragaan manasik haji dan umrah ini merupakan puncak dari pelaksanaan program Manasik Haji di KBIHU Al Adliyah sejak 8 Oktober 2023 yang lalu.

Menurut Pimpinan Yayasan Al Adliyah Medan, H Ikhwansyah Nasution S.Sos M.Pd,total sudah 20 kali pertemuan manasik, baik teori maupun praktek yang telah dilakukan di Aula Manasik Al Adliyah Medan.

“Simulasi ini adalah seperti general stadium bagi seluruh calon jamaah haji yang tergabung dalam KBIHU Al Adliyah dan mengaplikasikan seluruh ilmu manasik secara teori dalam simulasi peragaan Manasik Haji. Terutama memahami teknis pelaksanaan ibadah umrah dan Haji secara sebenarnya dan sesuai tuntunan Baginda Rasulullah SAW,” katanya.

Lanjut dia, Alhamdulillah sebanyak 190-an jamaah calon Haji mengikuti dengan khusyuk dan serius simulasi peragaan bimbingan manasik haji ini, menggunakan 5 Bus ALS.

Dengan dilaksanakannya Simulasi Peragaan Manasik Haji ini, maka tuntaslah bimbingan manasik yang diberikan kepada seluruh jamaah dan sisa waktu menjelang keberangkatan jamaah, maka pertemuan manasik akan dimaksimalkan semua materi manasik serta mengulang ulang kajian bimbingan manasik.

“Alhamdulillah cuaca sangat baik serta seluruh pendukung acara dengan semangat mengikuti simulasi peragaan manasik haji ini,” pungkasnya.

Simulasi peragaan manasik haji ini, dibimbing oleh 4 Muthawwif, yaitu H Ikhwansyah Nasution S.Sos M.Pd (Pimpinan Yayasan Adliyah Medan ), Drs H Bahron Nasution ( Narasumber Tetap Adliyah), Drs. H Mohd Fadhly Said MA ( Narasumber tetap ) dan H. Amir Saleh Nasution SAG (Narasumber Tetap).

H. Ikhwansyah Nasution S.Sos M.Pd selaku pimpinan KBIHU Al Adliyah mengucapkan terima kasih di atas kepercayaan para jamaah yang telah mempercayakan manasik haji di KBIHU Al Adliyah.

Juga kepada Kementerian Agama Kota Medan dan terkhusus Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H Ahmad Qasbi Nasution S.Ag MAP dan Kakankemenag Kota Medan Dr. H Impun Siregar MA atas support dan bantuan kepada Adliyah, juga sangat banyak memberikan bimbingan arahan serta sinergi serta kolaborasi antara Adliyah dan Kemenag dalam melakukan bimbingan manasik haji kepada seluruh jamaah.

Ikwan juga berharap agar pelayanan haji tahun ini semakin meningkat dan seluruh tahapan keberangkatan hingga pemulangan jamaah berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti.

Menanggapi proses pelunasan BPIH yang sudah selesai tahap I, Ikhwan menyambut baik tahapan ini yang sudah lebih awal dilakukan, ini membantu jamaah mempersiapkan segala persiapan keberangkatan haji tahun ini dengan lebih baik.(m22)

Waspada/ist

Sebanyak 190-an jamaah KBIHU Al Adliyah selesai mengikuti simulasi manasik haji di Asrama Haji Medan.

  • Bagikan