Kepala SMKN 10 Medan Apresiasi 12 Siswa Lulus SNBP

  • Bagikan
Kepala SMKN 10 Medan Apresiasi 12 Siswa Lulus SNBP

MEDAN (Waspada) Kepala SMK Negeri 10 Medan Julpiner Simanungkalit SPd, MM menyampaikan apresiasi atas keberhasilan 12 siswa-siswi yang lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Indonesia. 

“Puji syukur peserta didik kita ada yang melanjutkan kuliah ke universitas negeri. Tahun ini yang masuk meningkat dibanding tahun lalu,” kata Julpiner Simanungkalit saat diwawancarai di sekolahnya Jalan Teuku Cikditiro Medan, Selasa (2/4). 

Dia mengakui bahwa semboyan SMK yakni kerja, melanjutkan,  berwirausaha salah satunya adalah melanjutkan kuliah dari SNBP yang dilaksanakan oleh pemerintah  direspon dengan baik. 

“Terbukti mereka semua ikut prosedur dari awal dan guru-guru mengarahkan sesuai dengan minat dan bakat siswa. Jadi baik wali kelas dan Wakasek Bidang Kurikulum yang membimbing anak-anak itu sehingga jurusan yang dipilih sesuai minat dan bakatnya,” jelasnya. 

Lanjur Julpiner, jumlah peserta tahun ini 50 orang yang mendaftar di SNBP. Semua peserta didik itu dibekali dengan kegiatan sosialisasi kepada siswa-siswi supaya dalam memilih jurusan itu tidak tabrakan dengan  teman lainnya. 

“Kita terus intens melakukan kerjasama dengan guru Bimbingan Konseling (BK) dibantu wakil kepala sekolah sehingga apa yang dicita-citakan sesuai keinginan siswa, tidak ada saling berebut dengan kawan-kawan di jurusan yang sama sehingga bertumpuk dan bersaing antar sesama teman sendiri,” paparnya.

Ujian Sekolah Lancar

Ketika ditanya tentang Ujian Sekolah (US) SMKN 10, Julpiner mengatakan ujian sedang berlangsung dan akan berakhir pada 3 April dan dilanjutnya ujian susulan mulai 4 – 6 April 2024. Sementara Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sudah selesai dilaksanakan minggu lalu sebagai ujian praktek siswa yang menjadi pendukung nilai kelulusan siswa. 

Beberapa syarat kelulusan itu bagi semua peserta didik harus menuntaskan seluruh proses pembelajaran meliputi seluruh ujian sekolah baik US dan UKK, berkelakuan baik, tidak terlibat perbuatan tindak pidana, narkoba, geng motor atau tawuran. 

Lanjut Julpiner, fokus lulusan SMK adalah siap kerja. Banyaknya lulusan yang diserap di pasar kerja. Pemerintah senantiasa menjadikan SMK sebagai indikator siap bekerja. Selain itu berapa besar semangat lulusan SMK yang berwirausaha. Melalui aplikasi tracer studi dapat diketahui penelusurannya. 

“Jadi kalau alumni SMKN 10 ini harus harus tahu dia tamat dari sini bekerja atau kuliah. Walaupun kita senang ada yang melanjutkan kuliah, namun lebih baik jika lulusan SMK itu terampil dan mahir bekerja atau berminat membuka lapangan kerja (enterprenuership) yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” terangnya. 

Nama siswa lulus SNBP

Berikut ini nama peserta didik lulus SNBP antara lain,

  1. Natasya Aqlfa Satriya Unimed Pendidikan Tata Rias (S1),
  2. Malika Keisha Nayla Institut Seni Indonesia Padang Panjang Desain Komunikasi Visual),

3.Siti Alsyah Harahap Unimed Pendidikan Tata Busana (S1),

  1. Eki Pranata Sitepu Polmed Teknik Rekayasa Multimedia Grafis.
  2. lgrelatercla Neguita Anem Unimed Pendidikan Tata Rias,

6.Bagus Ramadhan Polmed Manajemen Informatika.

  1. Marsya Syakila Salsabila Harahap UIN-SU Sistem Informasi.
  2. M Farras Naufal Lubis USU Hukum.
  3. Aulia Hasanah Guci Universitas Negeri Padang Jurusan Tata Boga, 10. Dio Reno Luthfi Polmed Teknik Rekayasa Multimedia Grafis.
  4. Saskia Khairunnisa Daely Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Pendidikan Multimedia.
  5. Zaida Ramadhani Tasneem Polmed MICE.(m22)

Waspada/ist
Kepala SMKN 10 Simanungkalit SPd, MM.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *