Ketum JBMI Siapkan Blue Print Bangkitkan Kembali Kejayaan Barus

  • Bagikan
Ketum JBMI Siapkan Blue Print Bangkitkan Kembali Kejayaan Barus

MEDAN (Waspada): Ketua Umum (Ketum) Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) Arif Rahmansyah Marbun mengaku akan menyiapkan blue print untuk membangkitkan kembali kejayaan Barus.

Hal tersebut disampaikan Arif Rahmansyah Marbun, yang juga Staf Khusus Wapres RI, kepada Waspada di Medan, Senin (27/2).

Arif juga mengatakan hal tersebut saat acara “Barus Bersholawat Untuk Indonesia” yang digelar DPP JBMI di Lapangan Merdeka Barus, Padang Masiang, Kec. Barus, Kab. Tapanuli Tengah, Rabu (15/2).

Arif merespon harapan dan permintaan Wapres. Dirinya mengaku sudah menyiapkan blue print gagasan besar membangun Barus. Membangun dan membangkitkan kembali kejayaan Barus, menurutnya merupakan kewajiban dan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali Pemerintah Daerah.

“Kami siap bekerjasama, bergandeng tangan dengan seluruh stakeholder Barus. Mari sama-sama membangun kembali kejayaan Barus. Cahaya Barus Menyinari Indonesia, Insya Allah,” kata Arif.

Sebagai bentuk syukur dan terima kasih atas anugerah risalah Islam yang dibawa oleh para auliya’ Barus, dalam kesempatan kemarin, Wapres juga menyempatkan waktu berziarah ke Kompleks Makam Mahligai.

Kompleks pemakaman ini terletak di areal seluas kurang lebih 3 Ha, berada di area perbukitan kecil di Desa Dakka, Barus.

Di Mahligai ini dimakamkan salah seorang pembawa kalimat tauhid di tanah Barus bernama Syeikh Rukunuddin. Pada nisannya tertulis wafat malam 13 Syafar, Tahun 48 Hijriah (48 H) abad ke 7 M, dalam usia 102 Tahun, 2 Bulan, 10 Hari.

Menurut Juru Kunci Makam Maskuddin Simanjuntak, kata Mahligai dalam bahasa Arab berasal dari Almahligai yang artinya pendatang. Makam Mahligai berarti makam pendatang. Tapi dalam beberapa pendapat lain disebutkan, Mahligai berarti istana kecil, konon diyakini di kawasan makam ini pernah ada istana kecil.

Dalam kunjungan ziarahnya, Wapres KH. Ma’ruf Amin didampingi oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Ketua Panitia “Barus Bersholawat” H. Albiner Sitompul.(m29)

Waspada/Ist
Ketua Umum (Ketum) Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) Arif Rahmansyah Marbun.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *