Komisi Informasi Jabar ‘Bertandang’ Ke Sumut

  • Bagikan
KETUA Komisi Informasi Jawa Barat Dr Ijang Faisal memberikan Cendera Mata kepada Wakil Ketua Komisi Informasi Sumut Drs Eddy Syahputra Sormin MSi didampingi Dedy Ardiansyah dan Syafii Sitorus Waspada/ist
KETUA Komisi Informasi Jawa Barat Dr Ijang Faisal memberikan Cendera Mata kepada Wakil Ketua Komisi Informasi Sumut Drs Eddy Syahputra Sormin MSi didampingi Dedy Ardiansyah dan Syafii Sitorus Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Ketua Komisi Informasi (KI) Jawa Barat Dr Ijang Faisal dan rombongan ‘bertandang’ ke Komisi Informasi Sumut dalam rangka studi tiru kelembagaan dan Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Kamis (29/2/2024).

Kang Ijang panggilan akrab Komisioner Komisis Informasi Jabar ini menuturkan tujuan berkunjung ke Komisi Informasi Sumut adalah untuk berbagi informasi serta studi dalam rangka tata kelola kelembagaan serta PSI sekaligus kunjungan balasan dimana pada Tahun 2022 Komisi Informasi Sumut sudah berkunjung ke Komisi Informasi Jabar.

”Terus terang banyak yang harus kita evaluasi terkait regulasi yang mengatur tentang kelembagaan Komisi Informasi di tingkat pusat dan daerah agar keberadaan komisi informasi lebih eksis khususnya dalam mengawal keterbukaan informasi publik di tengah-tengah masyarakat,” kata Kang Ijang dalam diskusi bersama Komisioner Komisi Informasi Sumut dan staf di ruang sidang Komisi Informasi Sumut.

Kang Ijang menjelaskan yang paling mendesak adalah membuat regulasi tentang tata kelembagaan komisi informasi agar di seluruh Indonesia tata kelembagaannya sama khususnya dalam hal penganggarannya.

”Kita harus membuat satu regulasi yang menyamakan tentang anggaran bagi KI di seluruh Indonesia ini,” sebut Kang Ijang.

Selain itu terkait proses sengketa informasi terhadap KI itu sendiri seharusnya tidak lagi disidang di komisi informasi terdekat melainkan harus disidangkan di komisi informasi di atasnya.

Contoh kalau komisi informasi provinsi yang disengketakan, maka sidangnya di komisi informasi pusat di Jakarta, sedangkan kalau komisi informasi Kabupaten/Kota yang disengketakan maka sidangnya di komisi informasi Provinsi.

”Jadi kita harus merubah aturan tentang penyelesaian sengketa informasi di tubuh komisi informasi itu sendiri agar pelaksanannya lebih baik lagi,” sebut Ijang.

Sebelumnya Wakil Ketua KI Sumut Drs Eddy Syahputra Sormin MSi mengucapkan selamat datang kepada Ketua Komisi Informasi Jabar Dr Ijang Faisal yang sudah berkunjung ke Komisi Informasi Sumut . Eddy menegaskan bahwa Tahun 2022 lalu Komisi Informsi Sumut sudah berkunjung ke Komisi Informasi Jabar untuk belajar mengenai penganggaran dan itu sudah dilaksanakan oleh Komisi Informasi Sumut sehingga saat ini Komisi Informasi Sumut sudah mengalami perubahan anggaran yang lebih baik.

Eddy yang ketika itu didampingi oleh komisioner lainnya yakni Dedy Ardiansyah S.Sos dan Syafii Sitorus SH, MIKom serta staf menyampaikan antara Komisi Informasi Sumut dan Komisi Informasi Jabar saat ini saling bertukar pengalaman tentang pengelolaan kelembagaan yang lebih baik dan PSI sehingga penyelesaian sengketa informasi bisa jauh lebih cepat sederhana dan berbiaya murah.

“Apa yang disampaikan Kang Ijang kita sambut baik dan akan kita suarakan pada pelaksanaan Rakornas dan Rakernis Tahun 2024 ini sehingga agar ada perubahan demi kelembagaan komisi informasi yang lebih baik pula,” ujar Eddy.(rel)

  • Bagikan