Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Sumut Gelar Rakor

  • Bagikan
Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Sumut Gelar Rakor

MEDAN (Waspada): Komisi Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, menggelar Rapat Kordinasi, Sabtu (23/12) di UPT Asrama Haji Medan.

Dalam sambutannya, Ketua MUI Sumut Dr H Maratua Simanjuntak diwakili Ketua Bidang Ukhuwah Islamiyah, Dr. H Abd. Rahim M.Hum menyampaikan, persaudaraan umat merupakan pondasi utama kuatnya persatuan dan kesatuan bangsa, dan menjadi modal utama suksesnya program pembangunan demi tercapainya kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Abd. Rahim mengakui bahwa, kendati sangat dibutuhkan namun kompleksitas persoalan dan tantangan yang harus dihadapi tidak ringan.
Apalagi, kata Rahim tidak lama lagi bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi, sehingga eskalasi persoalan ukhuwah cenderung meningkat mengingat kuatnya tarik menarik kepentingan yang lumrah dalam politik.

Untuk itu, pesan Rahim pelaksanaan rapat koordinasi ini menjadi sangat strategis, sebab menjadi wahana konsolidasi untuk membangun ukhuwah yang kokoh melalui silaturahmi aktif dan bersama berkomitmen untuk meningkatkan kualitas ukhuwah dimaksud.

“Persatuan umat harus tetap terjaga, agar hakikat Islam yang menjadi rahmat bagi sekalian alam dapat terjewantah secara menyeluruh dalam setiap aspek kehidupan,” kata Abd. Rahim.

Sementara Ketua Panitia HT Darmasyah dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa peran tokoh agama sangat penting dalam merawat kerukunan dan persaudaraan umat, mengingat tidak lama lagi Indonesia akan menggelar Pemilu 2024.

“Pesta demokrasi itu akan berjalan baik kalau umat rukun dan damai, sebab perbedaan dalam politik itu biasa dan menjaga kerukunan demi persatuan menjadi tanggungjawab bersama,” kata Darmansyah.

Sebagai narasumber pada kegiatan itu adalah Dr. H. Abd Rahim, Kepala Badan Kesbangpol Sumut diwakili, Harry SSTP MSc dan pakar HAM yang juga akademisi Universitas Negeri Medan Majda El Muhtaj.(m22)

Waspada/ist

Ketua Bidang Ukhuwah Islamiyah, Dr. H Abd. Rahim M.Hum bersama panitia dan peserta kegiatan poto bersama.

  • Bagikan