Konsulat Jenderal India Di Medan Akan Rayakan Hari Hindi Sedunia

Dan 75 Tahun Hubungan Diplomatik India-Indonesia

  • Bagikan
PERTUNJUKAN tarian India. Waspada/Ist
PERTUNJUKAN tarian India. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Dalam komitmen untuk memperlihatkan keberagaman budaya dan memperkuat ikatan diplomatik, Konsulat Jenderal India di Medan, menyajikan serangkaian acara menarik untuk memperingati Hari Hindi Sedunia dan Jubileum 75 Tahun Hubungan Diplomatik India-Indonesia.

Acara tersebut di antaranya Bollywood Night Carnival. Dalam peringatan Hari Hindi Sedunia itu, Konsulat Jenderal India di Medan akan mengadakan acara bertema “Malam Karnaval Bollywood” pada Sabtu, 20 Januari 2024, mulai pukul 18.00 WIB di Medan Club, Jalan. R.A Kartini No. 36.

Shubham Singh pejabat Konsulat Jenderal India di kota Medan pada Rabu (17/1) mengataka acara ini ditargetkan dihadiri oleh 1000 individu dan terbuka untuk umum. Perayaan ini akan menampilkan band musik live, pertunjukan tari oleh Irma Kusuma Dewi, Pencipta dan Pendiri Bolly’D®️ dari Jakarta.

Bahkan sebutnya penari itu juga akan melakukan sesi tari Bollywood yang dipandu, semua orang diundang untuk bergabung dalam acara ini dan menikmati malam penuh musik, tari, dan hiburan. Karnaval ini juga akan memiliki berbagai stan makanan, stan seni tubuh, dan stan berbasis kesehatan. Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintah Sumatra Utara.

Lanjut Subham, dalam peringatan 75 tahun berdirinya hubungan diplomatik antara India dan Indonesia, kelompok seni budaya India yang bernama Gunjan Dance Academy akan mengunjungi Indonesia pada 23-29 Januari 2024.

“Kelompok ini akan tampil di berbagai kota di Indonesia. Pada 28 Januari 2024, mereka akan tampil di Batam. Acara dimulai pukul 19.00 WIB tanggal 28 Januari 2024 di Kasta Cafe Tembesi, Jl. R. Soeprapto, Batam City. Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam. Kelompok seni budaya Indonesia dan komunitas India di Batam juga akan menyajikan pertunjukan budaya selama acara,” ujarnya.

Gunjan Dance Academy, yang dikonsep oleh Guru Smt. Meera Das, seorang exponent Odissi terkemuka saat ini, memulai perjalanan tariannya pada usia muda di Odissi Research Centre. Pengalamannya membawanya tampil solo dalam berbagai festival di seluruh negeri dan di hampir 62 negara di seluruh dunia.

Acara ini diperkirakan dihadiri oleh sekitar 300 orang, termasuk pejabat pemerintah Kepulauan Riau, rektor, warga asing, mahasiswa universitas, dan terbuka untuk masyarakat umum. Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Duta Besar Sandeep Chakravorty, juga akan memeriahkan perayaan ini, menekankan ikatan budaya yang berlangsung dan hubungan diplomatik antara India dan Indonesia.

Sementara itu, kedua acara di atas terbuka untuk semua. Kedua acara ini pertama kali diadakan di Sumatera dan akan memberikan pengalaman unik kepada semua yang menghadiri acara ini.(cbud)

  • Bagikan