Koordinasi Jelang Musim Haji, IPHI Jabar Kagum Pembinaan Pasca Haji Di IPHI Sumut

  • Bagikan
Koordinasi Jelang Musim Haji, IPHI Jabar Kagum Pembinaan Pasca Haji Di IPHI Sumut

MEDAN (Waspada) : Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) dipimpin ketuanya H Ijang Fauzi, bertemu Ketua IPHI Sumut H Rahudman Harahap, wakil ketua H Syafii dan sejumlah pengurus lainnya dalam rangka koordinasi menjelang pemberangkatan haji tahun 2024.

Kunjungan pengurus IPHI Jabar yang dirangkai dengan jamuan makan siang di RM Garuda, Jalan Pattimura Medan, Kamis (29/2/2024), juga untuk melakukan perbandingan langkah serta persiapan yang dilakukan IPHI Sumut untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji.

“Jamaah haji di Sumatera Utara dengan jamaah haji di Jawa Barat itu hampir mirip-miriplah, baik dari segi jumlah dan permasalahannya. Makanya kita berkunjung ke IPHI Sumut ini untuk melakukan komparasi,” kata H Ijang Fauzi.

Ijang mengatakan, dari pembicaraannya dengan H Rahudman Harahap, ada geliat yang menarik yang dilakukan IPHI Sumut terkait program pembinaan jamaah haji, yang tidak hanya pada pra haji, tetapi juga pasca haji.

Menurut Ijang, selama ini pembinaan yabg banyak dilakukan pada jamaah adalah pra haji, atau sebelum keberangkatan haji. Sedangkan setelah jamaah kembali ke tanah air atau pasca haji, pembinaan yang dilakukan masih sangat kurang.

Padahal menurutnya hal ini sangat penting dan itu harusnya tugas pemerintah. Agar bagimana jamaah bisa mempertahankan predikat haji mabrur, yang bisa memberi manfaat pada masyarakat, bangsa dan negara.

“Apa yang dilakukan IPHI Sumut dibawah kepemimpinan H Rahudman Harahap sangat luar biasa. Baru beberapa bulan menjabat, beliau sudah menunjukan kelasnya dengan mengambil inisiatif pembinaan jamaah juga pada pasca haji yang minim dilakukan pemerintah, dan ini nantinya akan kita contoh untuk dilakukan di Jabar,” ucap H Ijang.

Ketua IPHI Sumut H Rahudman Harahap menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ketua IPHI Jabar H Ijang Fauzi dan rombongan yang menyempatkan diri bertemu pengurus IPHI Sumut ditengah kesibukannya yang juga sebagai Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Jabar.

Rahudman mengatakan dalam menghadapi musim haji tahun ini, IPHI Sumut bekerjasama dengan sejumlah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), telah melakukan bimbingan pada calon-calon haji asal Sumut yang akan berangkat tahun ini.

Pembinaan yang dilakukan tidak hanya menyangkut manasik haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, tetapi juga membekali para calon haji agar mempersiapkan fisik dan mentalnya, agar ibadah yang akan dikerjakan tidak terganggu.

Sedangkan terkait pembinaan pasca haji yang telah dilaksanakan IPHI Sumut dengan melibatkan jamaah yang telah melaksanakan haji ke dalam berbagai kegiatan keumatan baik sosial, pendidikan dan keagamaan, termasuk pengiriman da’i ke desa-desa dan daerah minoritas, serta gerakan subuh berjamaah dengan melakukan safari subuh ke masjid-masjid. (hs)

  • Bagikan