Lansia Diminta Rutin Cek Kesehatan Di Puskesmas

  • Bagikan
Lansia Diminta Rutin Cek Kesehatan Di Puskesmas

MEDAN (Waspada): Golongan lanjut usia (lansia) diminta untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin di puskesmas. Hal itu agar dapat selalu terkontrol kesehatannya guna mencegah penyakit yang lebih berat.

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai NasDem, Habiburrahman Sinuraya S.ST saat menggelar Sosialisasi Produk Hukum Daerah Kota Medan No.4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Jalan Perjuangan, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (17/3) sore.

“Bagi kita yang punya orang tua yang sudah berusia lanjut, sebaiknya kita rutin membawa mereka ke puskesmas untuk melakukan pengecekan kesehatan. Kalau bisa sebulan sekali walaupun tidak sedang sakit, supaya kesehatannya tetap bisa terkontrol,” ucap Habib dihadapan ratusan warga yang hadir.

Dikatakan Habib, lansia lebih rentan untuk terkena penyakit, baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular. Dengan diperiksakan kesehatannya secara rutin, maka tenaga kesehatan di puskesmas dapat mendeteksi penyakit yang mereka derita sejak dini.

“Kalau penyakitnya terdeteksi sejak dini, maka penanganannya pun bisa dilakukan sedini mungkin yang membuat tingkat kesembuhannya menjadi lebih besar,” ujarnya.

Sebagai contoh, sambung Habib, cukup banyak lansia yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi namun tidak menyadarinya. Pasalnya, tidak semua orang yang menderita hipertensi mengalami gejala dari penyakit tersebut.

“Sering kita dengar orang tua (lansia) tiba-tiba jatuh, lalu stroke. Waktu dibawa ke rumah sakit, dicek tekanan darahnya, ternyata sangat tinggi. Kalau lah lansia tersebut di cek kesehatannya secara rutin ke puskesmas, pasti penyakit hipertensi itu terdeteksi sejak awal. Dokter pun akan memberikan obat untuk diminum, sehingga hipertensinya bisa terkontrol dan tidak sampai menyebabkan stroke,” ungkapnya.

Kepada pihak puskesmas, Habib pun meminta untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatannya. Mengingat, puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan dasar masyarakat.

“Wali Kota Medan, Pak Bobby Nasution terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga Kota Medan. Upaya ini harus ditindaklanjuti oleh puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat,” tutupnya. (h01)

Teks
Anggota DPRD Kota Medan, Habiburrahman Sinuraya S.ST saat Sosperda No.4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Jalan Perjuangan, Kel. Tanjungrejo, Kec. Medan Sunggal, Minggu (17/3) sore. Waspada/ist

  • Bagikan