LazisMu Sumut Gelar Rakerwil Bertema Penguatan Inovasi Sosial

  • Bagikan

MEDAN, (Waspada); Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sadaqah Muhammadiyah (LazisMu) Sumatera Utara menggelar kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) bertema “Penguatan Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDG’s”. Kegiatan yang diikuti oleh 11 Daerah Kantor Layanan Lazismu berlangsung di Hotel Grand Jameek, Jalan Gagal Hitam (ringroad) Medan, Sabtu (13/1).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri berbagai tokoh yakni Ketua PWM Sumatera Utara Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution MA, Direktur LazisMu Pusat Edy Surya, dan Wakil Ketua Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia, Dr. Nuryadi Wijiharjono. Ikhwanushofa, Manager Area Layanan LazisMu Jawa Tengah, Bendahara PW Aisyiyah Sumut Kusmilawaty, Pengurus Lazismu Daerah se-Sumatera Utara serta para tamu undangan seperti Ketua Forum Zakat Sumatera Utara Sulaiman yang hadir bersama Manager Fundraising dan Komunikasi Dompet Dhuafa Waspada Hajrul Azhari Ritonga.

Ketua LazisMu Wilayah Sumatera Utara, Dr. Syahrul Amsari, dalam laporan pembukaan Rakerwil, menjelaskan bahwa potensi Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS) Sumatera Utara mencapai Rp 8 Triliun.

“Namun, potensi yang sudah tergarap baru 2 sampai 5 persen. Ini menunjukkan bahwa masih ada peluang besar untuk digarap. Maka, kami mendorong semua Kantor LazisMu di daerah untuk serius menggarap potensi yang masih terbuka lebar,” ungkapnya.

Amsari juga memaparkan perkembangan LazisMu di Sumatera Utara, dengan hasil audit dari pihak akuntan publik independen yang menunjukkan bahwa empat Kantor LazisMu telah teraudit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yaitu LazisMu Sumatera Utara, LazisMu Kota Medan, LazisMu Binjai, dan LazisMu Asahan.

Dalam pengembangannya, Amsari juga menyoroti pentingnya pemanfaatan teknologi informasi (digital) dalam platform layanan filantropi dan fundraising. Target pencapaian LazisMu Sumatera Utara pada periode 2022-2027 ditetapkan sebesar Rp 70 Miliar.

Disamping itu, Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution MA, berharap LazisMu terus bergerak untuk menggarap potensi ZIS yang ada.

“Harapannya pun LazisMu juga memberi kesempatan kepada muzakki yang kecil, tidak hanya fokus pada perusahaan besar. Nasution menekankan perlunya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berinfaq,” ucapnya.

Dengan digerlarnya Rakerwil LazisMu Sumut ini, Ketua FOZ Sumut Sulaiman pada kesempatan itu mengucapkan selamat dan sukses kepada LazisMu Sumut.

“Selamat Rakerwil untuk LazisMu Sumatra Utara. Semoga kegiatan ini akan menghadirkan gagasan-gagasan besar untuk optimalisasi potensi zakat di Sumatera Utara, melahirkan program-program masterpiece yang lebih berdampak kepada Mustahik. Sebagaimana juga program yang dijalankan nantinya bisa menjadi penguatan sosial untuk pencapaian 17 Point tujuan SDG’S,” tutupnya.

LazisMu Sumut Gelar Rakerwil Bertema Penguatan Inovasi Sosial
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *