Lurah Tangkahan Elias Padang Hadiri Acara Punggahan Blok AA Griya 3 Martubung

  • Bagikan
Lurah Tangkahan Elias Padang Hadiri Acara Punggahan Blok AA Griya 3 Martubung

MEDAN (Waspada): Punggahan merupakan salah satu tradisi masyarakat Islam di Indonesia dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan bulan yang sangat mulia ini.

Punggahan ini juga sebagai bentuk penyambung silaturahmi saling memaafkan sama tetangga, sahabat dan antara pemerintah dengan masyarakatnya.

Hal ini disampaikan Lurah Kelurahan Tangkahan, Elias Padang ST dalam sambutannya ketika menghadiri acara Punggahan masyarakat Islam Blok AA, Griya 3 Martubung, Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (9/3/2024) malam.

Hadir pada acara Punggahan tersebut, Ketua STM Al Amin Blok AA Griya 3 Martubung Mawel, Penasihat STM Al Amin Andika Prihatin, tokoh masyarakat Turiman, Ketua Panitia Maspardi, ibu-ibu perwiritan dan masyarakat Islam Blok AA, Griya 4 Martubung.

Acara tersebut juga dipandu oleh pembawa acara Heru Susilo Prayetno, S.Pd dan sebagai pencerahan Al Ustadz Hasnan S. Ag dengan judul sesuai tema yang ditetapkan oleh panitia yakni “Sambut Bulan Ramadhan, Sucikan Hati, Rajut Silaturahmi”.

Pada kesempatan itu, Elias Padang juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan STM Al Amin yang telah mengundangnya secara resmi pada acara Punggahan ini.

Elias juga mengungkapkan bahwa tradisi Punggahan ini kerap dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat Islam di Kelurahan Tangkahan.

“Kegiatannya berbagai macam, ada yang mendengarkan ceramah yang kemudian dilanjutkan dengan saling bermaafan dan makan bersama. Kemudian ada juga dengan pawai obor berjalan kaki. Untuk itu saya mengapresiasi kegiatan yang bersifat positif ini,” imbuh Elias.

Terakhir, Elias berharap agar Tradisi punggahan yang dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat Islam di Kelurahan Tangkahan, dapat mempererat silaturahmi antar warga.

Sementara itu, Ketua STM Al Amin Mawel dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Lurah Kelurahan Tangkahan, Elias Padang yang telah berkenan menyempatkan waktunya untuk hadir diacara Punggahan Masyarakat Islam Blok AA, Griya 3 Martubung.

“Kehadiran Lurah pada malam ini merupakan suatu kehormatan bagi kami masyarakat Islam Blok AA karena acara punggahan yang diselenggarakan secara sederhana ini bisa dihadiri oleh Pak Elias Padang sebagai pemimpin kami di Kelurahan Tangkahan. Semoga Pak Lurah selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu dimudahkan segala aktivitas sebagai aparatur negara,” tutur Mawel.

Mawel juga mengingatkan kepada masyarakat Islam Blok AA agar mau untuk masuk menjadi anggota STM. Sebab, wadah ini mempermudah dan meringankan beban masyarakat Islam saat tertimpa musibah.

“Sebab, segala kebutuhan dalam hal Fardhu Kipayah akan ditanggungjawabi oleh STM. Maka dari itu, mari kita masuk menjadi Anggota STM dan sama-sama kita membesarkannya,” pungkas Mawel.

Sebelumnya saat memberikan laporan, Ketua Panitia Maspardi mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Islam dan donatur yang telah memberikan dukungan sehingga acara Punggahan ini bisa terlaksana dengan baik.

“Mewakili seluruh panitia, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Islam Blok AA Griya 3 Martubung dan juga STM Al Amin yang telah mendukung terselenggaranya acara Punggahan ini. Semoga Kita semua mendapatkan kemudahan dan kesehatan serta kelancaran rezeki oleh Allah SWT,” pungkasnya. (Rel)

  • Bagikan