Menag RI Serahkan Bantuan Untuk Ponpes Musthafawiyah Purba Baru

  • Bagikan
Menag RI Serahkan Bantuan Untuk Ponpes Musthafawiyah Purba Baru

MEDAN (Waspada): Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menyerahkan bantuan sebesar 200 juta rupiah untuk Ponpes Musthafawiyah Purba Baru.

Pemberian bantuan atas musibah banjir yang dialami Pondok Pesantren berlangsung Rabu(10/1) bersamaan dilaksanakannya Resepsi Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia di Asrama Haji Medan.

Penyerahan diwakili Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara,Ahmad Qosbi MM.

Dalam keterangannya Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara,H.Ahmad Qosbi MM menyampaikan terimakasih kepada Kemenag RI, Yaqut Cholil Qoumas atas bantuan untuk bencana yang melanda Pondok Pesantren itu pada 20 Desember lalu.

“Kanwil Kemenag Sumut juga telah menyampaikan bantuan untuk Ponpes Musthafawiyah Purba Baru sebesar 30 juta rupiah yang diterima Pimpinan Ponpes Mustofawiyah H.Mustafa Bakri Nasution,”ujar Ahmad Qosbi.

Sedangkan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam(Pakis) Kemenagsu,Dr. H. Muksin Batubara, M.Pd,menyebutkan,kejadian banjir yang terjadi di Aek Singolot Purba Baru, Rabu, 20 Desember 2023 kira-kira pukul 21.00 WIB.

Banjir kiriman dari Sibanggor ini menghanyutkan lebih kurang 36 pondok pokir beserta isinya. Santri pokir yang terimbas banjir untuk sementera waktu sudah ditampung di ruangan perpustakaan Ponpes Musthafawiyah Purba Baru.

Tidak ada korban nyawa atau berita kehilangan santri, hanya ada satu orang yang dirawat di rumah sakit dan sekarang sudah pulang ke Ponpes Musthafawiyah Purba Baru. Kondisi esok harinya pukul 10.00 WIB kembali normal.

Mulai dari pagi santri sudah bisa beraktifitas seperti biasanya di sungai aek singolot. “Alhamdulillah proses kegiatan pembelajaran berjalan seperti biasa,”sebutnya.

Tampak hadir saat penyerahan bantuan,Ketua Umum MUI Sumut,Dr.Maratua Simajuntak yang juga alumni Ponpes Musthafawiyah Purba Baru. Kabid Penmad Erwin Dasopang, Kabid Pakis Dr. H. Muksin Batubara, M.Pd, Kepala Bagian Tata Usaha Drs. H. Muhammad Yunus, MA, Kabid Urais Drs.Muslim. (m22)

Waspada/Anum Saskia
Penyerahan bantuan oleh Menag RI, diwakili Kakanwil Kemenagsu Ahmad Qosbi MM bersama Ketua Umum MUI Sumut Dr.Maratua Simajuntak kepada Pimpinan Ponpes Mustofawiyah H.Mustafa Bakri Nasution.

  • Bagikan