
MEDAN, ( Waspada); Institusi keuangan seperti perbankan merupakan sektor kritikal dan berdampak pada stabilitas perekonomian di Indonesia. Untuk memastikan keberlangsungan bisnis bank, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengadakan simulasi bencana dan keberlangsungan bisnis di Menara BRI Regional Office Medan.
“Kegiatan simulasi penting dilaksankaan untuk memastikan kesiapan pekerja BRI dalam menghadapi bencana khususnya bencana kebakaran yang sulit diprediksi kejadiannya namun ada potensi terjadi, hal ini penting untuk memitigasi risiko operasional dan risiko BRI,” kata RCEO BRI Medan Dani Alfianto melalui siaran persnya, Kamis (12/09/2024).
Kegiatan ini dilaksanakan sejalan dengan implementasi ISO 22301:2019 yaitu Business Continuity Management System (BCMS) yang sudah diraih Bank BRI sejak April 2023 untuk menjaga keandalan transaksi nasabah, dimana kegiatan ini dikoordinasi oleh fungsi Risk Management & Compliance Regional Office Medan.
Ia menjelaskan simulasi berupa simulasi langsung yang didampingi Tim Damkar Kota Medan. Simulasi dimulai sekitar pukul 16.00 Wib ditandai suara alarm sebagai tanda bahaya yang mengharuskan pekerja untuk segera keluar gedung melalui tangga darurat dengan tenang.
Dalam simulasi digambarkan ruangan kerja khususnya terkait operasional pembayaran dan banking hall mengalami kebakaran dan tidak memungkinkan dilakukan kegiatan operasional. Sehingga, dibutuhkan pemindahan ruangan kerja ke lokasi kerja alternatif Bank BRI.
Pekerja yang terlibat simulasi melakukan mobilisasi sesuai business continuity plan (BCP).
“Simulasi berjalan lancar dan diikuti sesuai protokol tanggap darurat serta rencana pemulihan bisnis (BCP) yang ditetapkan. Seluruh pekerja pada simulasi ini juga paham apa yang harus dilakukan,” kata Dani.
Dani mengakui walaupun BRI rutin melakukan simulasi bencana, namun masih terdapat pekerja yang panik atau bingung menghadapi situasi bencana. Apalagi jika BRI tidak pernah melakukan simulasi tentu akan memberikan dampak yang jauh lebih buruk.
“Kegiatan simulasi ini rutin BRI laksanakan setiap tahun untuk memastikan kesigapan dan kesiapan pekerja BRI Regional Office Medan agar, meskipun dalam kondisi bencana (kebakaran), BRI tetap dapat melayani kebutuhan perbankan nasabah BRI,” tambahnya.
Kegiatan ini juga kami laksanakan sesuai kerangka Sistem Manajemen Kelangsungan Usaha (BCMS) berdasarkan standar ISO 22301:2019, hal ini kami harapakan akan membuat Bank BRI menjadi lebih baik lagi dalam melayani nasabah BRI.
Sementara itu, Kepala Koordinator Bencana BRI Regional Office Medan Ruston Parapat selaku RRM Head RO Medan menambahkan kegiatan simulasi bencana ini yang dibantu oleh Damkar Kota Medan membantu Bank BRI selalu melakukan evaluasi mengenai potensi bencana dan dampaknya pada bisnis perbankan di Bank BRI.(m28)