MEDAN (Waspada.id): Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026, sejumlah hotel di Kota Medan mulai melakukan berbagai persiapan. Namun, tingkat reservasi tamu hingga awal November masih belum menunjukkan peningkatan yang signifikan.
Humas Grand Mercure Medan, Tinera Siburian, mengatakan bahwa pergerakan pemesanan kamar untuk libur akhir tahun masih cenderung sepi.
“Masih belum kelihatan hilalnya, belum banyak reservasi yang masuk,” ujarnya, Kamis (6/11).
Meski demikian, ia mengungkapkan bahwa pada tahun sebelumnya, reservasi mulai meningkat di akhir November hingga mendekati hari-H.
“Tahun lalu, akhir November hingga jelang hari-H sudah mulai ramai. Dominasi tamu juga lokal,” jelasnya.
Grand Mercure Medan telah menyiapkan paket khusus Natal berupa makan malam, namun belum menyediakan paket menginap. Sementara itu, harga paket Tahun Baru masih dalam tahap finalisasi.
Tinera menyampaikan bahwa perayaan Tahun Baru di Grand Mercure Medan akan mengusung tema “Sport Night”, terinspirasi dari turnamen sepak bola dunia pada pertengahan 2026.
“Kami ingin menyemarakkan gelaran tersebut, dan berharap bisa mengemas paket nonton bareng (nobar) untuk tamu pecinta sepak bola,” katanya.
Konsep acara juga akan didukung dekorasi dan dress code sporty serta hiburan seperti football juggling.
“Harapannya kami bisa mencapai full occupancy dan tamu mendapatkan pengalaman merayakan tahun baru yang berkesan,” tambah Tinera.
Grandhika Medan: Pasar Last Minute, Reservasi Mulai Bergerak
Sementara itu, Humas Hotel Grandhika Medan, Nurul Fathia Nasution, mengungkapkan bahwa pemesanan kamar untuk momen Nataru mulai bergerak, meski belum signifikan.
“Reservasi sudah mulai pick up, tapi belum banyak karena pasar Medan itu modelnya last minute,” ujarnya.
Hotel Grandhika berencana meluncurkan paket Tahun Baru pada pekan kedua November, sementara media gathering direncanakan pada pekan keempat.
Tahun ini, Grandhika akan mengangkat tema “PESTAPHORIA”, meski detail konsepnya masih dirahasiakan hingga peluncuran resmi.
Meski tren reservasi belum menunjukkan lonjakan, kedua hotel optimistis mampu menarik minat wisatawan dan masyarakat lokal melalui konsep perayaan malam tahun baru yang unik serta pengalaman yang berkesan. (Id20)













