Meriahkan STQH Nasional XXVII DPW IPQAH Gelar Muzakarah

  • Bagikan
Meriahkan STQH Nasional XXVII DPW IPQAH Gelar Muzakarah

MEDAN (Waspada): Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) Tingkat Nasional ke XXVII yang dilaksanakan di Provinsi Jambi pada 30 Oktober sampai 7 November 2023 menjadi momen berharga bagi DPW Ikatan Persaudaraan Qori dan Qoriah (IPQAH) Sumatera Utara bekerjasama dengan DPW IPQAH Provinsi Jambi melaksanakan Muzakarah Nasional dengan tema ukhuwah (persaudaraan) sebagaimana dasar dan tujuan IPQAH itu sendiri yakni sebagai wadah persaudaraan bagi para qari-qari’ah dan hafizh-hafizhah se-Indonesia.

Acara ini akan dilaksanakan di Hotel Ratu, Kota Jambi pada 3 Nopember 2023.

Dalam muzakarah nasional tersebut menghadirkan narasumber Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) IPQAH Nasional, Prof. Dr. H. Said Agil Husein Al-Munawwar, MA. Topik yang akan disampaikan oleh Prof. Agil adalah Persaudaraan dalam perspektif Alquran.

Sementara Dari DPW Ipqah Sumatera Utara menghadirkan Prof. Dr. Nawir Yuslem, MA akan mengulas tentang persaudaraan dalam perspektif hadis nabi Saw.

Sedangkan DPW Ipqah Provinsi Jambi mengutus Prof. Dr. Hadri Hasan, MA yang akan mengulas persaudaran qari-qariah dan hafiz-hafizhah lintas provinsi serta langkah konkret apa yang akan dilakukan sebagai sebuah lembaga dalam bentuk sinergitas antar DPW Ipqah se-Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Umum DPW Ipqah Sumatera Utara, Dr. Asren Nasution, Rabu(1/11).

Asren Nasution menambahkan bahwa ini pertama kalinya DPW Ipqah Sumatera Utara melaksanakan acara Muzakarah Nasional.

“Harapannya dalam acara ini yang insya Allah akan dihadiri oleh perwakilan Ipqah se-Indonesia yang hadir nantinya akan memberikan pencerahan dengan paparan narasumber sekaligus sebagai media silaturrahim qari-qari’ah dan hafizh-hafizhah yang hadir pada kegiatan STQH Nasional,”ungkap Asren.

Sekretaris Umum DPW Ipqah Sumatera Utara, H. Sudarso bersama H. Syaifuddin Hazmi Lubis selaku panitia menyampaikan bahwa acara ini diagendakan akan dihadiri sekitar 100 peserta perwakilan Ipqah provinsi lain, Qari-qariah senior, dan santri Ponpes Al Quran di Jambi.

“Alhamdulillah narasumber sudah kita hubungi dan semoga acara ini suskes sebagaimana yang kita harapkan,”ucapnya.

Sudarso juga mengucapkan terima kasih kepada panitia lokal (DPW IPQAH Jambi) yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai salah satu bentuk sinergitas antar lembaga untuk melaksanakan acara berbasis Alquran.

“Terimakasih juga kepada panitia yang hadir langsung di sana di antaranya Ustaz H. Bambang Laksono, Dr. M. Tohir, Nurjannah SQ, Rika Harnita, Murniati, M. Rahim dan Marie Muhammad,” pungkasnya.(m22)

Waspada/ist
Persiapan Tim Panitia DPW IPQAH Sumut dan DPW IPQAH Jambi di lokasi kegiatan foto bersama.

  • Bagikan