Meski Hujan Siswa SMA Dharma Pancasila Tetap Semangat Belajar

  • Bagikan
SUASANA belajar tampak penuh semangat di SMA Dharma Pancasila. Waspada/ist
SUASANA belajar tampak penuh semangat di SMA Dharma Pancasila. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Beberapa hari terakhir, setiap pagi hari cenderung hujan. Seperti halnya, Rabu (17/1), hujan mengguyur Kota Medan dengan derasnya. Ternyata kondisi itu tidak dikeluhkan oleh para pelajar di SMA Dharma Pancasila Jalan Dr Mansur. Dengan semangat para pelajar tiba di sekolah tepat waktu.

Setidaknya pukul 07.WIB, mereka sudah berada di sekolah selanjutnya menuju ruang kelas, setelah sebelumnya menyapa para guru dan kepala sekolah yang menunggu kedatangan siswa di depan gerbang sekolah. Salam sapa ramah tamah oleh guru dan kepala sekolah disambut hangat oleh siswa sebelum beranjak ke ruangan belajar.

Setibanya di kelas, guru mata pelajaran yang bertugas pagi hari, mempersiapkan beragam materi untuk dipaparkan pada siswa. Meski di luar ruangan, curahan air hujan masih ada, namun pembelajaran tidak terputus, bahkan kian semangat saat seorang siswa memaparkan materi di depan teman-temannya.

Kepala SMA Dharma Pancasila,Ibrahim Daulay MPd, menyebutkan animo belajar siswa perlu dibangun setiap saat,sehingga siswa menyadari bahwa belajar itu suatu proses untuk mereka paham bahwa materi yang diajarkan sesuai kurikulum sangat mereka butuhkan. Sehingga tidak boleh bosan dalam belajar dan tetap mengikuti sesuai prosedur pembelajaran.

Selain itu, kata Ibrahim Daulay, para guru hendaknya menjadi pendidik yang menyenangkan bagi siswa, sehingga kehadiran guru sangat diharapkan siswa setiap hari. Dengan begitu, apapun rintangan yang muncul setiap hari, siswa tetap berupaya hadir.

“Meski hujan turun tidak jadi alasan bagi siswa untuk hadir, sebab dia akan bertemu dengan guru yang menyenangkan sesuai materi pembelajaran,”ujar Ibrahim Daulay.

Hal lain disebutkannya perlu strategi agar siswa betah dalam belajar. Yakni, guru perlu mempersiapkan materi pembelajaran dengan baik. Persiapan itu membuat guru menguasi kelas saat mengajar karena lebih nyaman menyampaikan materi pelajaran.

Hendaknya para guru tiba di sekolah tepat waktu dengan artian tidak terlambat masuk kelas. Hal itu turut mendukung konsentrasi dalam mengajar.

Siapkan waktu mengulang pembelajaran yang lalu sebelum masuk materi yang baru agar siswa lebih konsentrasi saat belajar.(m22)

  • Bagikan