Mudik Lebaran, Baskami Tekankan Kondisi Armada Transportasi dan Kesehatan Pengemudi

  • Bagikan
Mudik Lebaran, Baskami Tekankan Kondisi Armada Transportasi dan Kesehatan Pengemudi

MEDAN (Waspada): Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting mengatakan pentingnya pemerintah provinsi beserta pemerintah kabupaten dan kota dalam mempersiapkan arus mudik lebaran yang akan jatuh, kurang dari dua pekan mendatang.

Hal tersebut dinyatakan Baskami, melalui rilis tertulis, Selasa (11/4/2023). Baskami menjelaskan, dua hal tersebut merupakan variabel penting dalam memastikan keselamatan bagi para calon penumpang.

“Saya meminta Pemprov, beserta pemda, Polda, TNI, Polri, beserta seluruh instansi terkait agar memperkuat koordinasi jelang lebaran ini. Keamanan dan keselamatan masyarakat prioritas utama kita,” katanya.

Baskami mengatakan, armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Armada Antar Kota Dalm Provinsi (AKDP) beserta pengangkutan barang perlu dilakukan uji berkala yakni ramp check.

Politisi PDI Perjuangan itu meminta Pemprov ikut memantau terkait uji berkala di seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

“Kita periksa secara komperehensif izin trayek, uji KIR perlengkapan P3K, sabuk pengaman, peralatan pemadam api, komponen pendukung dan kondisi fisik secara keseluruhan,” tambahnya.

Terkait kondisi fisik pengemudi, lanjut Baskami perlu dilakukan test urine serta pemeriksaan kesehatan, baik tensi, denyut nadi dan lainnya.

“Kita gandeng Badan Narkotika Nasional, untuk melakukan test urine ini untuk memastikan para pengemudi bebas dari narkoba,” tambahnya.

Test urin tersebut, kata Baskami juga berlaku bagi seluruh nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) bagi transportasi laut di dermaga dan pelabuhan.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat pulang kampung sekaligus menekan angka kecelakaan transportasi,” pungkasnya. (cpb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *