MUI Sumut Gelar Muzakarah Ramadhan Umat Islam Harus Giat Ibadah

  • Bagikan
MUI Sumut Gelar Muzakarah Ramadhan Umat Islam Harus Giat Ibadah

MEDAN (Waspada): Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP-MUI) Sumut, Dr. H Maratua Simanjuntak berharap kepada seluruh umat Islam di daerah ini khususnya agar dapat memanfaatkan bulan Ramadan 1445 H tahun ini sebaik dan semaksimal mungkin.

“Ramadan adalah bulan keampunan (magfirah) dari Allah, bulan penuh rahmat serta perlindungan dari siksa api neraka. Karena itu kita harus berlomba meraihnya,” kata H Maratua Simanjuntak, Minggu (17/3).

Ketua Umum MUI Sumut yang menyampaikan itu pada Muzakarah Edisi Ramadan 1445 di Aula MUI Jalan Majelis Ulama Nomor 3 Medan mengingatkan pentingnya meraih ampunan dari Allah tersebut mengingat kita semua akan kembali kepada Allah.

“Manusia adalah tempatnya salah dan lupa, makanya mari kita manfaatkan momen terbaik mendapatkan ampunan dari Allah ini dengan melaksanakan puasa semata atas dasar iman dan ridha Allah untuk menjadi takwa,” ujar Maratua.

Apalagi, sebut Maratua, puasa tahun ini adalah yang terakhir kita laksanakan dan belum tentu kita akan bertemu kembali pada Ramadan tahun depan.

Dalam keterangannya dia juga mengutip hadis Nabi SAW yang mengisyaratkan celakanya sebagian umat Muhammad yang mendapati Ramadan, namun Allah tidak mengampuni dosa-dosanya.

Muzakarah dipandu moderator Sekretaris Bidang Fatwa Dr Irwansyah MHI, dihadiri Ketua Bidang Fatwa Drs. H Sanusi Luqman MAg, Ketua Bidang KPRK Drs Hj Rusmini MA, ulama dan lainnya.

Narasumber selanjutnya Wakil Majelis Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Zulfa Mustafa yang menyampaikan materinya secara virtual yang menjelaskan pentingnya umat Islam mengetahui dengan baik dasar-dasar ibadah yang dilaksanakan sebulan penuh ini sesuai dengan pendapat ulama.

“Ramadan bulan mulia dan di dalamnya sangat banyak mengandung keutamaan yang tidak akan pernah diperoleh pada bulan lainya,” ungkap KH Zulfa Mustafa.(m22)

Waspada/ist
Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP-MUI) Sumut, Dr. H Maratua Simanjuntak saat membuka kegiatan muzakarah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *