Pangdam I/BB Rehab Rumah Warga Jadi Layak Huni Di Hamparanperak

  • Bagikan

HAMPARANPERAK (Waspada): Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin melakukan peletakan batu pertama renovasi rumah milik warga menjadi Rumah Layak Huni (RLH).

Acara peletakkan batu pertama itu disaksikan Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad, Mayor Eko yudho Prayitno, Camat Hamparanperak, Pejabat tamu undangan dan pemilik rumah.
Pangdam mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dan melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan rumah.

Diketahui, sebanyak 30 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga di Jl. Pertamina, Dusun V Kebun Baru, Desa Hamparan Perak, Kecamatan Hamparanperak, Kabupaten Deliserdang, Kamis (1/9) mulai dikerjakan.

Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, M.Si mengatakan, Kodam I/Bukit Barisan menjalankan program Bina Teritorial, dengan melakukan rehab rumah warga, salah satunya Jasmi,58, dari rumah belum layak menjadi rumah layak huni.

“Dalam rangka Binter ini, kita sesuaikan dengan kondisi wilayah. Disini kita melakukan bedah rumah disini, karena ada beberapa rumah disini yang kita anggap mungkin belum layak, jadi kita rehab supaya layak dihuni,” tutur Jenderal Bintang Dua ini.

Pangdam menyebutkan, selain pembangunan rumah, pihaknya juga melakukan kegiatan pertanian di daerah Tuntungan, termasuk di daerah dekat Bandara KNIA, kita menanam jagung bagian dari ketahanan pangan, termasuk di daerah lain seperti di daerah-daerah dekat pantai membina pertambakan.

“Kegiatan itu wujud kita dalam menerapkan pembinaan teritorial ini, dalam situasi damai seperti ini kita bekerja sama dengan semua stakeholder, tokoh masyarakat dan lain-lain, untuk saat ini targetnya 30 rumah dulu, di tempat lain sudah ada beberapa, ini yang pertama disini,” ungkap Pangdam.

Terima Kasih

Sementara itu, Jasmi, salah satu warga yang menerima bantuan perehaban rumah, mengucapkan terima kasih kepada Pangdam l/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin yang telah peduli kepadanya dan warga lainnya.

Jasmi menceritakan bahwa dirinya tinggal sendiri dirumah yang tidak layak huni di Jl. Pertamina, Dusun V Kebun Baru, Desa Hamparanperak. Setiap hujan Jasmi harus tidur di kursi dengan kondisi rumah yang banjir dan tanpa penerangan.

“Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada Bapak Pangdam, rumah saya akan direhab, ” ucap Jasmi yang mengaku memiliki 8 anak seraya menyebutkan dulu setiap hujan rumah saya banjir, saya tidurnya di kursi, kalau banjir saya harus mengurus rumah, ” tutupnya.

Diakhir acara peletakan batu pertama, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin membagikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu sebanyak 300 orang.

Acara turut dihadiri antara lain, Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad, SIP, M.Si, Pabandya Bhakti Kodam l BB Mayor Eko yudho Prayitno, SIP PLT Kapolsek Hamparan Perak, Camat dan Kepala Desa Hamparanperak, serta masyarakat yang hadir.(m27)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *