Para Hajjah Asal Tanjung Balai Silaturahmi Dan Doakan H Rahudman Harahap

  • Bagikan
Para Hajjah Asal Tanjung Balai Silaturahmi Dan Doakan H Rahudman Harahap

MEDAN (Waspada) – Menyambut bulan suci Ramadan 1445 H, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumatera Utara, H Rahudman Harahap bersama istri Hj Rita Wizni, menerima silaturahmi dari sekitar 50 hajjah asal Kota Tanjung Balai pada Rabu malam, 6 Maret 2024.

Pada silaturahmi yang berlangsung di Pendopo Khadijah, kediaman Rahudman di Blok A Kompleks Tasbi Medan, turut dihadiri oleh Sekretaris IPHI Sumut H Ilyas Halim, Ketua IPHI Kota Medan H Sangkot Saragih, serta sejumlah pengurus IPHI Sumut dan Kota Medan.

Ustad H Sangkot Saragih menjelaskan, para hajjah yang berada dibawah binaan IPHI ini, tergabung dalam majelis taklim Wanita Shalihah Masjid Raya Tanjung Balai pimpinan Hj Nurhaidah Minka.

“Mereka sengaja datang ke Kota Medan untuk bersilaturahmi ke pengurus IPHI menyambut datangnya bulan suci Ramadan, sekaligus membacakan Yasin 41 dan mendoakan Ketua IPHI Sumut H Rahudman Harahap dan keluarga agar selalu sehat, diberi kelapangan rezeki, dan diberi kemudahan dalam memimpin IPHI Sumut,” ujar Ustad yang jadi pembimbing di pengajian majelis taklim Wanita Shalihah ini.

Sementara, Sekretaris IPHI Sumut H Ilyas Halim menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, kepengurusan IPHI Kota Tanjung Balai juga akan menggelar pelantikan. “Nantinya setelah kepengurusan IPHI Tanjung Balai yang baru dikukuhkan, majelis taklim Wanita Shalihah ini juga akan kita kukuhkan sebagai majelis taklim Muslimat IPHI Tangjung Balai,” ucap H Ilyas.

Hj Rita Wizni, selaku tuan rumah, menyampaikan terima kasih atas kunjungan silaturahmi para hajah ini. Ia pun memohon maaf jika mungkin ada penerimaan, pelayanan dan jamuan yang mereka berikan ada yang kurang berkenan.

Ia berharap semoga silaturahmi yang terjalin menjadi kenangan indah dan persaudaraan yang berlangsung hingga ke akhirat.

Ketua IPHI Sumut H Rahudman Harahap menyatakan merasa sangat berbahagia atas kunjungan para hajjah dari Tanjung Balai, yang turut membacakan Yasin 41 dan berdoa bersama untuk kesehatan dan keselamatan serta kemajuan IPHI Sumut.

Ia mengatakan bahwa IPHI sebagai organisasi para haji dan hajjah, hingga saat ini belum didukung anggaran dari pemerintah. Namun, IPHI terus berbuat dan berkontribusi untuk membantu dan memajukan umat.

“Para haji dan hajjah haruslah menjadi teladan di masyarakat, tidak hanya dibidang sosial dan keagamaan, tetapi juga harus turut memajukan ekonomi umat,” ujarnya.

Masjid, ucap mantan Walikota Medan ke 15 ini, harus menjadi basis dari IPHI. Maka itu sejak ia menjabat sebagai Ketua IPHI Sumut sejak Desember 2023 lalu, ia pun langsung meluncurkan program gerakan subuh berjamaah untuk memakmurkan masjid dengan melakukan safari subuh keliling ke masjid-masjid. Tercatat sudah lebih 70 masjid dikunjungi H Rahudman dan pengurus IPHI lainnya dalam safari subuh.

Selama bulan Ramadan ini, lanjut Rahudman, IPHI Sumut juga telah merancang kegiatan safari Ramadan ke berbagai daerah di Sumatera Utara. “Jelang Ramadan ini kita akan mulai rangkaian kegiatan safari Ramadan dengan pelantikan pengurus IPHI Langkat, kemudian pelantikan pengurus IPHI Tanjung Balai, serta dakwah keliling ke masjid-masjid dan melakukan berbagai kegiatan sosial,” jelas Rahudman.

Rahudman menekankan bahwa IPHI tidak hanya mengurusi jamaah yang sudah menunaikan ibadah haji serta melakukan bimbingan pada calon jamaah haji yabg akan menjadi anggota IPHI, tetapi juga harus dapat mengurusi dan membimbing umat agar dapat menggerakan dan meningkatkan kesejahteraannya sehingga mampu melaksanakan ibadah haji.

Dikesempatan ini, Rahudman juga berharap pada pemerintah agar dapat memberi sejumlah kemudahan pada jamaah yang akan berangkat haji, mulai dari pengurusan dokumen keberangkatan, pemeriksaan kesehatan dan lainnya.

Terakhir, Rahudman mendoakan para hajjah yang hadir dalam silaturahmi ini diberi kesehatan dan keselamatan hingga sampai kembali ke kediaman masing-masing.

“Insya Allah kita akan segera bertemu lagi nanti di Tanjung Balai, karena IPHI Sumut akan melaksanakan safari Ramadan ke Tanjung Balai,” tutup H Rahudman Harahap. (has)

  • Bagikan