PCNU Kota Medan Gelar Lailatul Ijtima

  • Bagikan
PCNU Kota Medan Gelar Lailatul Ijtima

MEDAN (Waspada): Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Medan (PCNU) menggelar Lailatul Ijtima, Muzakarah dan Batsul Masail, Jumat lalu di Masjid Al Kausar Tata Alama Asri Medan.

Ketua PCNU Kota Medan, H Sutan Sahril Dalimunthe MA,kepada wartawan, Senin (4/3) mengatakan, tujuan dari kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk membangun ukuwah islamiyah antara sesama umat muslim, dan membahas masalah keagamaan dan ke umatan dan juga lintas agama.

“Kegiatan ini sesuai dengan tema mewujudkan ukhwah islamiyah dalam membangun kemaslahatan umat,” kata Sutan Sahrir.

Dia mengatkan, semakin cepatnya teknologi komunikasi dengan berbagai media setidaknya dapat memperkuat hubungan sesama ummat, dalam konteks kekinian dan acuan Alquranul karim. Tentunya hubungan itu terlihat sebagai hubungan dengan Allah dan hubungan sesama manusia.

Tidak kalah pentingnya, lanjut Sutan, bahwa Nahdlatul Ulama selama kiprahnya di nusantara membangun negara dengan kekuatan para ulama yang tentu cinta kepada negara dan tanah air, sebagai bagaian dari iman.

Bertindak sebagai penceramah dalam kegiatan tersebut ialah Rois PCNU Kota Medan, Dr Muhammad Roihan Nasution, MA. Dalam ceramahnya dia menyampaikan indahnya berbagi sesama ummat Islam dengan tidak takut kekurangan harta. Sebab Allah Maha Kaya pemilik harta yang sebenarnya.

“Dalam konteks pembangunan rumah ibadah dan sarana madrasah, tentunya kita dukung dengan mempertebal infaq dan sedekah untuk bisa mewujudkan program pendidikan Islam di Indonesia. Setidaknya dengan gairah ummat Islam untuk mengeluarkan zakat yang dikumpul oleh badan amil zakat,” kata Muhammad Roihan.

Tentunya, lanjut Roihan, dengan demikian tidak adalagi masyarakat Islam yang kekurangan.

“Sebab kita sudah ikut meringankan beban fakir dan miskin melalui rutinitas membayar zakat”, katanya.

Menurutnya, potensi besar ummat Islam di Indonesia membuka peluang lapangan pekerjaan baru yang bisa memperkerjakan generasi muda Islam. Ketakutan akan kekurangan harta menjadi pemicu kemunduran ummat dari sisi manapun.

Sebab ekonomi dipegang oleh kekuatan lain, bukan kekuatan pribumi. Dengan adanya kegiatan rutin seperti ini yang dilakukan PCNU Kota Medan, salah satu tujuan program saling menguatkan ukhwah islamiyah diantara kaum muslimin.

“Tidak adalagi sifat kesombongan didada ummat islam sebab sombong adalah bukan pakaian manusia,” katanya.(m22)

Waspada/ist

Rois PCNU Kota Medan Dr Muhammad Roihan Nasution, MA menyampaikan tausiahnya dalam acara Lailatul Ijtima, Muzakarah dan Batsul Masail, di masjid Al kausar Tata Alama Asri Medan, baru-baru ini.

  • Bagikan